Penerapan model pembelajaran scientific inquiry untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa SMA pada materi fluida statis

Rahmawati, Sri Arini (2015) Penerapan model pembelajaran scientific inquiry untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa SMA pada materi fluida statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2._ABSTRAK.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III LAPORAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi di SMA Mathla’ul Anwar, proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, siswa tidak terlibat aktif dalam menemukan pemahaman dan pengetahuannya. Hal tersebut berimplikasi pada rendahnya KGS siswa. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkan model pembelajaran scientific inquiry, yaitu sebuah model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam memecahkan suatu permaslahan melalui percobaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran scientific inquiry dan peningkatan KGS siswa pada materi fluida statis. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Mathla’ul Anwar yang berjumlah dua kelas, sementara sampelnya adalah kelas XI IPA 1. Penentuan sampel menggunakan teknik sample random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Hasil rata-rata penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru berkategori baik dengan persentase 93,66% dan keterlaksanaan aktivitas siswa berkategori baik dengan persentase 88,50%. Terdapat peningkatan KGS siswa pada materi fluida statis dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,60 berkategori sedang. Diperoleh hasil Z_hitung (4,03)>Z_tabel (1,69) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Scientific inquiry; keterampilan generik sains; fluida statis;
Subjects: Physics
Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 01 Nov 2018 09:09
Last Modified: 01 Nov 2018 09:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16122

Actions (login required)

View Item View Item