Rabbani, Burhanudin (2018) Penerapan model pembelajaran Science Technology and Society (STS) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem: penelitian pre-eksperimen pada siswa kelas VII SMP Al-Hasan Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (334kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (744kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa terhadap nilai IPA kelas VII menunjukkan rata-rata nilai IPA berada dibawah nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, keterlaksanaan dan menganalisis hasil belajar siswa setelah diterapkan model Science Technology and Society (STS) pada materi Ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi perangkat pembelajaran model STS untuk RPP 87,5% sedangkan LDPD 86,55% dengan kriteria layak digunakan; (2) keterlaksanaan pembelajaran model STS pada lembar observasi guru rata-rata mencapai 87,7 % sedangkan pada lembar observasi siswa 79,85 % .(3) hasil belajar siswa memperileh KKM > 50% dan penguasaan materi cukup baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan dengan α 5% pada kelas VII A nilai thitung (88,61) > ttabel (2,07) dan Kelas VII B nilai thitung (94,73) > ttabel (2,07), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model STS dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan pada materi Ekosistem.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan model; STS; Hasil Belajar; |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Burhanudin Rabbani |
Date Deposited: | 29 Oct 2018 08:46 |
Last Modified: | 29 Oct 2018 08:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16137 |
Actions (login required)
View Item |