Penggunaan Lembar Kerja Science Writing Heuristic (SWH) Berorientasi Keterampilan Proses Sains dan Sikap Sains pada Praktikum Kesetimbangan Kimia (Penelitian Kelas terhadap Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Bina Muda Cicalengka)

Nur Aisah Munawaroh, Nur (1210208068) (2014) Penggunaan Lembar Kerja Science Writing Heuristic (SWH) Berorientasi Keterampilan Proses Sains dan Sikap Sains pada Praktikum Kesetimbangan Kimia (Penelitian Kelas terhadap Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Bina Muda Cicalengka). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (BAB I - IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)

Abstract

Pembelajaran kimia tidak terlepas dari tiga dimensi meliputi dimensi proses, produk, dan pengembangan sikap. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis kefektifan penggunaan format panduan praktikum, keterampilan proses sains siswa dan sikap yang menjadi hal cukup penting untuk mewujudkan pendidikan karakter membimbing siswa menjadi insan kamil, maka dilakukan penelitian tentang penggunaan lembar kerja Science Writing Heuristic berorientasi keterampilan proses sains dan sikap sains pada praktikum kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas terhadap 40 siswa kelas XI IPA-3 SMA Bina Muda Cicalengka. Pengolahan data dilakukan secara kualitatif deskriptif dan menggunakan statistik. Analisis data selama dua kali pertemuan menunjukkan hasil yang baik. Indikator keterampilan proses sains dan sikap sains yang memiliki nilai tertinggi ialah pada tahap pertanyaan awal yaitu keterampilan mengajukan pertanyaan dan sikap rasa ingin tahu, sedangkan nilai terendah adalah pada tahap bukti dengan keterampilan menerapkan konsep dan sikap berpikir logis. Nilai rata-rata secara keseluruhan pelaksanaan tahapan format yang digunakan, keterampilan proses sains dan sikap sains siswa berturut-turut adalah 81,7 dan 79,7 serta 84,5 dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini berfungsi untuk menganalisis keefektifan format lembar kerja yang digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran berbasis praktikum untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan sikap sains.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja, Science Writing Heuristic (SWH), Keterampilan Proses Sains, Sikap Sains, Praktikum Kesetimbangan Kimia, Siswa
Subjects: Chemistry and Allied Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 20 May 2016 02:47
Last Modified: 25 May 2016 05:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1615

Actions (login required)

View Item View Item