Ketidakadilan gender dalam novel al-Ajnihah al-Mutakassirah karya Gibran Kahlil Gibran: pendekatan kritik feminisme

Indriani, Fitri (2018) Ketidakadilan gender dalam novel al-Ajnihah al-Mutakassirah karya Gibran Kahlil Gibran: pendekatan kritik feminisme. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian terhadap novel al-Ajnihah al-Mutakassirah Karya Kahlil Gibran ini merupakan penelitian dengan kajian kritik sastra yang menggunakan pendekatan kritik sastra feminisme. Novel al-Ajnihah al-Mutakassirah ini dijadikan objek penelitian, karena: pertama, novel ini adalah novel Arab yang berfokus terhadap ketidakadilan gender, kekuasaan dan cinta. Kedua, novel ini secara sosial berlatar belakang perilaku ketidakadilan gender yang dilakukan oleh Uskup (ulama kristian) terhadap masyarakat biasa yang sesuai dengan teori feminisme. Ketiga, novel al-Ajnihah al-Mutakassirah ditulis oleh Kahlil Gibran, seorang sastrawan terkenal asal Lebanon. Fokus dalam penelitian ini, yakni (1) jenis ketidakadilan gender dalam novel al-Ajnihah al-Mutakassirah karya Kahlil Gibran, (2) faktor ketidakadilan gender dalam novel al-Ajnihah al-Mutakassirah karya Kahlil Gibran, dan (3) upaya pembebasan ketidakadilan gender dalam novel al-Ajnihah al-Mutakassirah karya Kahlil Gibran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dan metode formal. Langkah-langkah dalam metode tersebut yaitu membaca novel yang menjadi objek kajian, menandai, memilah dan memilih kalimat-kalimat yang termasuk jenis ketidakadilan gender, faktor ketidakadilan gender, dan upaya pembebasan ketidakadilan gender, mengklasifikasikan data-data yang terkumpul, dan menganalisis data-data tersebut. Setelah dilakukan analisis terhadap jenis ketidakadilan gender, faktor ketidakadilan gender, dan upaya pembebasan ketidakadilan gender, dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Jenis ketidakadilan gender yang terdapat dalam novel al-Ajnihah al-Mutakassirah berupa pembatasan hak (marginalisasi), stereotipe, subordinasi dan kekerasan; (2) faktor-faktor akibat ketidakadilan gender yang menimpa tokoh-tokoh dalam novel al-Ajnhah al-Mutakassirah meliputi faktor ekonomi, budaya dan sosial; (3) bentuk-bentuk pembebasan ketidakadilan gender yang ditunjukkan oleh tokoh-tokoh dalam novel al-Ajnhah al-Mutakassirah yaitu dengan cara menjadi pribadi yang kuat, memberontak, mengeluh dan memilih diam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ketidakadilan Gender; Kritik Feminisme; Jenis Ketidakadilan Gender; Faktor Ketidakadilan Gender; Upaya Pembebasan Ketidakadilan Gender
Subjects: Arabic
Literature
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Fitri Indriani Fitri Indriani
Date Deposited: 26 Oct 2018 06:54
Last Modified: 26 Oct 2018 06:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16154

Actions (login required)

View Item View Item