Suryani, Neng Lilis (2018) Pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament berbasis nilai terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi sistem reproduksi manusia: penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas XI MA Negeri 2 Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (300kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Cooperatif Learning tipe TGT berbasis nilai terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi sistem reproduksi manusia. Penelitian dilaksanakan di MAN 2 Ciamis, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian eksperimen Metode eksperimen dilakukan dengan menggunakan desain quasi eksperimen yaitu Nonequivalent Control Grup Design. Sampel penelitian berjumlah 33 kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen sedangkan untuk kelas kontrol sebanyak 35 pada kelas XI IPA 4. Teknik pengumpulan data menggunakan prettest dan posttest. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil komunikasi siswa pada materi sisitem reproduksi dengan model pembelajaran TGT diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,59, pretest 66,50 dan postest 88,65 pada kelas eksperimen, dengan kualifikasi tinggi sedangkan pada kelas kontrol yang yang tanpa menggunakan model TGT pretes 55,5 dan postest 71.60 dengan N-Gain 0,52. Rata-rata nilai per indikator 52,19 dan 67,00 pada kelas kontrol, rata-rata per indikator kelas eksperimen 59,38 pretest dan 75,22 postest. Dengan demikian hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh dan dapat meningkatkan pembelajaran Cooperatif learning tipe TGT terhadap keterampilan komunikasi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teams Games Turnament; Communication; Nonequivalent Control Grup Design; |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Neng Lilis Suryani |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 07:29 |
Last Modified: | 26 Oct 2018 07:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16172 |
Actions (login required)
View Item |