Listiana, Lisna (2018) Pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi sistem eksresi di SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (602kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang bisa diterapkan dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, pengaruh pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, keterlaksanaan pembelajaran, serta respon siswa pada pembelajaran sistem ekskresi dengan model Conceptual Understanding Prosedures (CUPs). Metode penelitian menggunakan Quasi Eksperimen. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru. Teknik pengambilan sampel adalah teknik cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah seperangkat tes keterampilan berpikir kritis, angket, dan lembar observasi. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan Gain. Pengumpulan data diperoleh dari test dengan jumlah 10 soal essay untuk pretest dan postest dan. Hasil penelitian pada kelas menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) pada aktivitas guru memiliki rata-rata sebesar 95% dengan kategori sangat baik, sedangkan aktivitas siswa memiliki rata-rata sebesar 85% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian penigkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) memiliki nilai rata-rata N-gain 0,80 (kriteria tinggi). Dapat disimpulkan pula bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi. Berdasarkan hasil respon siswa terhadap pembelajaran pada kelas dengan model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) rata-rata 4,09 dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs); Peningkatan keterampilan berfikir kritis siswa SMP |
Subjects: | Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | lisna listiana lisna listiana |
Date Deposited: | 01 Nov 2018 04:00 |
Last Modified: | 01 Nov 2018 04:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16300 |
Actions (login required)
View Item |