Khoerudin, Dawam (2018) Pengaruh bimbingan mental terhadap karakter siswa: penelitian pada kelas VIII SMP Bina Castrena Insani Kab. Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (281kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu tujuan sekolah adalah mendidik siswa untuk berfikir positif, cerdas, dan mempunyai karakter serta akhlak mulia. Karena itu untuk mewujudkan itu semua perlu di adakannya bimbingan mental sehingga membuat siswa menjadi siswa yang mandiri. Dengan bimbingan mental ini diharapkan siswa mampu memaksimalkan potensi diri dan mengembangkannya dengan cara menempa/ melatih/ memperkuat jiwa atau mental, agar kesalahan dalam berifikir dan bertindak dapat dihindari, sehingga gangguan mental dapat diminimalisir bahkan dihilangkan. Begitu dengan karakter agar siswa mempunyai karakter yang baik perlu di latih supaya terbiasa melakukan segala sesuatu dengan maximal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan mental terhadap karakter siswa dan untuk mengetahui hasil pengaruh bimbingan mental terhadap karakter siswa kelas VIII SMP Bina Castrena Insani. Teori dalam penelitian ini adalah teori Sigmund Freud mengungkapkan bahwa dalam diri manusia terdapat tiga struktur mental yang terdiri dari Id, Ego dan Super Ego. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Menggunakan data primer melalui observasi partisipasi moderat, wawancara semistucture (mendalam), dokumentasi yang relevan. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, pembimbing dan siswa, teknik purposeful sampling. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa hasil pengaruh bimbingan mental terhadap karakter siswa kelas VIII SMP Bina Castrena Insani adalah 98%. Hal ini menunjukkan adanya tingkat korelasi yang tinggi. bimbingan mental memiliki kontribusi sebesar 98% terhadap karakter siswa. Sementara 2% sisanya merupakan faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian, maka perlu penelitian yang lebih lanjut. Faktor lain tersebut diantaranya bisa saja faktor internal maupun eksternal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Mental; Karakter: Siswa |
Subjects: | Education Education > General Publications of Education |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Dawam DK Khoerudin |
Date Deposited: | 01 Nov 2018 07:54 |
Last Modified: | 01 Nov 2018 07:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16313 |
Actions (login required)
View Item |