Islami, Anisa Nur (2018) Manajemen special event pengajian akbar Februari oleh Hijabers Community Bandung: studi deskriptif pada kegiatan pengajian akbar Februari oleh Hijabers Community Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (786kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
Abstract
Menyelenggarakan acara atau kegiatan khusus (special event) dalam Humas merupakan salah satu kiat untuk menarik perhatian media pers dan publik terhadap perusahaan atau produk tertentu yang akan ditampilkan dalam acara tersebut. Penyelenggaraan special event memerlukan keahlian khusus yang berkaitan dengan proses manajemen agar acara tersebut dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Proses manajemen special event meliputi tahapan-tahapan yang saling berkesinambungan antara satu dan tahap berikutnya guna menciptakan event yang sukses, memiliki kesan mendalam, serta mampu mencapai tujuan dari lembaga penyelenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses riset, desain, perencanaan, koordinasi, serta evaluasi yang dilakukan oleh Hijabers Community Bandung dalam manajemen special “Pengajian Akbar Februari.” Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Event Planning five phase model dari Dr. Joe Goldblatt. Manajemen event sangat diperlukan sebuah keahlian khusus dan imajinasi yang tinggi untuk merangkai event yang akan meningkatkan citra komunitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deksriptif, dengan pendekatan kualitatif dan menerapkan paradigma konstruktivisme. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara dan observasi partisipasi pasif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Hijabers Community Bandung (HCB) melakukan riset penentuan bulan penyelenggara, penanggung jawab acara dan target sasaran. Proses desain yang dilakukan panita dengan menentukan konsep acara keseluruhan, membuat proposal kegiatan dan pencarian dana. Proses desain tidak ada dekorasi untuk mendukung suasana acara. HCB melakukan perencanaan dengan penentuan pengisi acara, media partner, sponsor, dan pihak pendukung lainnya. HCB melakukan koordinasi dengan pihak panitia, pihak sponsor dan pihak kepolisian. Evaluasi dilakukan satu bulan setelah acara berlangsung melalui rapat panitia untuk membahas kendala, dampak positif acara serta kinerja panitia. HCB tidak melakukan evaluasi kepada peserta serta tidak membuat laporan pertanggung jawaban acara untuk publik eksternal. Kesimpulan umum, komunitas ini memiliki citra yang baik di mata masyarakat . Hal tersebut dibuktikan oleh banyaknya antusias masyarakat ketika Hijabers Community mengadakan kegiatan. Organizing special events or activities (special events) in Public Relations is one of the tips to attract the attention of the press and public media to certain companies or products that will be displayed in the event. The implementation of special events requires special expertise related to the management process so that the event can run effectively and efficiently. The special event management process includes mutually sustainable stages between one and the next to create a successful event, has a deep impression, and is able to achieve the objectives of the organizing institution. This study aims to determine the process of research, design, planning, coordination, and evaluation conducted by the Hijabers Community Bandung in special management "February Grand Study." The concept used in this study is the Event Planning five phase model of Dr. Joe Goldblatt. Event management is really needed a special skill and high imagination to assemble events that will enhance the community's image. The method used in this study is descriptive research, with a qualitative approach and applying the constructivism paradigm. Data collection methods used by interviews and passive participation observations. The results of this study indicate that, the Hijabers Community Bandung (HCB) conducts research on the determination of the month of the organizer, the person in charge of the event and the target target. The design process carried out by the committee by determining the concept of the whole event, making activity proposals and fundraising. The design process has no decorations to support the atmosphere of the event. HCB plans with the determination of program performers, media partners, sponsors, and other supporting parties. HCB coordinates with the committee, the sponsor and the police. The evaluation was conducted one month after the event took place through a committee meeting to discuss obstacles, the positive impact of the event and the committee's performance. HCB does not evaluate participants and does not make accountability reports for external public events. General conclusion, this community has a good image in the eyes of the community. This was evidenced by the enthusiasm of the community when the Hijabers Community held activities.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Special Event; |
Subjects: | General Management > Organizations |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Anisa Nur Islami |
Date Deposited: | 01 Nov 2018 06:28 |
Last Modified: | 01 Nov 2018 06:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16318 |
Actions (login required)
View Item |