Pengaruh penggunaan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan : Penelitian di Kelas V MI Al-Misbah Cipadung Kota Bandung

Rahmawati, Rahmawati (2013) Pengaruh penggunaan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan : Penelitian di Kelas V MI Al-Misbah Cipadung Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA skripsi.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang ditemukan, bahwa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD/MI kurang diminati oleh peserta didik. Hal ini dapat dilihat dengan prestasi siswa yang berada di bawah nilai KKM, yaitu 7,00. Hal tersebut disebabkan oleh cara mengajar guru yang kurang menarik dalam menyampaikan materi. Salah satu cara agar siswa berminat untuk mempelajari mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan adalah dengan cara menggunakan strategi (metode, model dan tekhnik) pembelajaran yang menarik, sehingga pembelajaran lebih menyenangkan. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran jigsaw diharapkan mampu memberikan kontribusi yang baik agar tercapainya hasil belajar siswa berdasarkan nilai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Realitas penggunaan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bagi siswa kelas V MI Al-Misbah; (2) Hasil belajar siswa kelas V MI Al-Misbah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw; (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Al-Misbah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini bertolak pada kajian teori yang menyatakan bahwa tinggi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan salah satunya dipengaruhi oleh penggunan model pembelajaran jigsaw. Dari kesimpulan tersebut dirumuskan hipotesis, semakin baik penggunaan model pembelajaran jigsaw maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, penyebaran angket dan tes. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 siswa. Analisis korelasi kedua variabel menggunakan teknik korelasi Rank, karena kedua variabel berdistribusi normal dan regresinya tidak linier. Dari hasil analisis, diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw termasuk ke dalam kategori kuat, dengan nilai rata-rata 77,96%. Adapun hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan termasuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 71. Hubungan antara keduanya ditunjukkan dengan koefisien korelasi = 0,98, yakni termasuk pada kategori sangat tinggi. Hasil uji t pada taraf signifikansi 5% menunjukkan t hitung > t tabel, yaitu 23 > 2,076, sehingga Ha diterima yaitu terdapat korelasi yang signifikan antara pengaruh penggunaan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Adapun kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 96%. Dengan demikian, 4% hasil belajar siswa kelas V MI Al-Misbah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw; Kewarganegaraan; Al-misbah;
Subjects: Education > Organization of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 02 Nov 2018 03:04
Last Modified: 30 Jul 2019 03:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16332

Actions (login required)

View Item View Item