Penerapan model experiential learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis

Nurhasanah, Siti (2014) Penerapan model experiential learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Rancaekek, menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional yang membuat siswa sulit memahami konsep yang dipelajari karena kurangnya praktikum selama proses pembelajaran, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa tidak berkembang. Oleh karena itu, keterampilan berpikir kritis siswa perlu ditingkatkan khususnya pada materi fluida statis, untuk mengetahui hal tersebut diterapkan model experiential learning. Model experiential leraning mengajak siswa untuk berperan aktif selama proses pembelajaran dengan mengembangkan pengalaman-pengalaman siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model experiential learning dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design, dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA-5 SMAN 1 Rancaekek yang berjumlah 30 orang. Data keterlaksanaan pembelajaran dengan model experiential learning diperoleh melalui lembar observasi dan keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh melalui tes uraian. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan peningkatan aktivitas guru dan siswa setiap pertemuannya dengan rata-rata 92,15% berkategori sangat baik. Terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis dengan rata-rata N-Gain 0,60 berkategori sedang. Hasil uji normalitas menunjukkan data pretest dan posttest tidak berdistribusi normal, maka uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon match pair. Diperoleh hasil Z_hitung (4,47) > Z_tabel (1,69) yang berarti H_0 ditolak dan H_a diterima. Hasil ini menujukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model experiential learning pada materi fluida statis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Experiential Learning; keterampilan berpikir kritis; fluida satis;
Subjects: Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 02 Nov 2018 09:09
Last Modified: 02 Nov 2018 09:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16352

Actions (login required)

View Item View Item