Partisi remaja dalam kegiatan keagamaan masyarakat transisi: studi pada remaja kampung Babakan Pandan Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Saputra, Sandy (2018) Partisi remaja dalam kegiatan keagamaan masyarakat transisi: studi pada remaja kampung Babakan Pandan Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy

Abstract

Keikutsertaan remaja pada setiap kegiatan keagamaan menjadi salah satu cara atau proses penanaman nilai yang bersumber dari ajaran agama Islam yang dianut oleh seseorang dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari yang memiliki tujuan dari pengalaman agama, berakhlak mulia, berkepribadian luhur dan berwatak sesuai ajaran Islam. Begitupun yang terjadi pada remaja Kampung Babakan Pandan yang ikut dalam kegiatan keagamaan yang ada di wilayah kampung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai penurunan tentang partisipasi remaja dalam kegiatan keagamaan di Kampung Babakan Pandan Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Rujukan yang digunakan dalam meniliti partisipasi remaja dalam kegiatan keagamaan ini adalah ilmu jiwa agama dari Zakiah Darajat. Kemudian metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara serta angket dalam pengumpulan data. Dari data yang berhasil diperoleh, bahwa dalam setiap kegiatan keagamaan yang ada di wilayah kampung Babakan Pandan jumlah remaja yang selalu ikut berpartisipasi pada setiap pelaksanaannnya mulai mengalami perubahan dari tahun ke tahun dimana semakin berkurangnya jumlah remaja yang ikut di dalamnya. Baik kegiatan keagamaan yang dilakukan setiap hari seperti shalat wajib berjamaah di masjid, pengajian rutin sampai pada pelaksanaan setiap acara Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Hal ini di sebabkan oleh semakin bertambahnya usia mereka dan mulai berubahnya fase pada remaja yang cenderung memiliki lingkungan yang baru. Sehingga mereka lebih memilih ikut berpartisipasi di lingkungan baru mereka dan di luar lingkungan tempat mereka tinggal, baik kegiatan tentang keagamaan atau bahkan kegiatan non keagamaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi; Remaja; Keagamaan;
Subjects: Religious Experiences
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Sandy Saputra Sandy saputra
Date Deposited: 07 Jan 2019 06:35
Last Modified: 07 Jan 2019 06:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16399

Actions (login required)

View Item View Item