Handayani, Hesti (2017) Pemanfaatan software tracker untuk meningkatkan keterampilan generik sains peserta didik SMA Kelas XI pada materi fluida dinamis: penelitian pre-eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Plus Al-Raihan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3__DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (432kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
Abstract
Proses pembelajaran di SMA Plus Al-Raihan dalam pelaksanaannya peserta didik menerima pelajaran secara pasif dan belum memanfaatkan perkembangan teknologi. Salah satu penyebab hal tersebut karena guru yang mengajar di sekolah tersebut bukan merupakan lulusan dibidang fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan pemanfaatan software tracker untuk meningkatkan keterampilan generik sains peserta didik dalam pembelajaran fisika pada meteri fluida dinamis dan pengaruh pemanfaatan software tracker terhadap peningkatan keterampilan generik sains peserta didik dalam pembelajaran fisika pada meteri fluida dinamis. Jenis dari penelitian ini adalah One Group Pretest posttest. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa keterampilan generik sains peserta didik dengan memanfaatkan software tracker mengalami kenaikan terlihat dari peningkatan jumlah peserta didik yang tuntas dalam mengerjakan soal keterampilan generik sains dan peningkatan skor rata-rata pada saat posttest dibanding pretest dengan N-gain sebesar 0,4 dan berada pada kategori “Sedang”. Dan aspek keterampilan generik sains yang memiliki N-gain terbesar yaitu aspek kesadaran tentang skala dengan nilai N-gain 1 dan termasuk kategori “tinggi”. Secara keseluruhan, rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan software tracker termasuk kedalam kategori “baik” dengan nilai 81.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan generik sains; software; tracker; |
Subjects: | Physics Applied Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 07 Nov 2018 03:03 |
Last Modified: | 07 Nov 2018 03:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16435 |
Actions (login required)
View Item |