Pemanfaatan software tracker untuk meningkatkan keterampilan generik sains peserta didik SMA Kelas XI pada materi fluida dinamis: penelitian pre-eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Plus Al-Raihan

Handayani, Hesti (2017) Pemanfaatan software tracker untuk meningkatkan keterampilan generik sains peserta didik SMA Kelas XI pada materi fluida dinamis: penelitian pre-eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Plus Al-Raihan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3__DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)

Abstract

Proses pembelajaran di SMA Plus Al-Raihan dalam pelaksanaannya peserta didik menerima pelajaran secara pasif dan belum memanfaatkan perkembangan teknologi. Salah satu penyebab hal tersebut karena guru yang mengajar di sekolah tersebut bukan merupakan lulusan dibidang fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan pemanfaatan software tracker untuk meningkatkan keterampilan generik sains peserta didik dalam pembelajaran fisika pada meteri fluida dinamis dan pengaruh pemanfaatan software tracker terhadap peningkatan keterampilan generik sains peserta didik dalam pembelajaran fisika pada meteri fluida dinamis. Jenis dari penelitian ini adalah One Group Pretest posttest. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa keterampilan generik sains peserta didik dengan memanfaatkan software tracker mengalami kenaikan terlihat dari peningkatan jumlah peserta didik yang tuntas dalam mengerjakan soal keterampilan generik sains dan peningkatan skor rata-rata pada saat posttest dibanding pretest dengan N-gain sebesar 0,4 dan berada pada kategori “Sedang”. Dan aspek keterampilan generik sains yang memiliki N-gain terbesar yaitu aspek kesadaran tentang skala dengan nilai N-gain 1 dan termasuk kategori “tinggi”. Secara keseluruhan, rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan software tracker termasuk kedalam kategori “baik” dengan nilai 81.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: keterampilan generik sains; software; tracker;
Subjects: Physics
Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 07 Nov 2018 03:03
Last Modified: 07 Nov 2018 03:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16435

Actions (login required)

View Item View Item