Bimbingan Konseling Individual untuk Menangani Siswa Indisipliner di MTs Ar-rosyidiyah

M. Irfan M Aola, M. Irfan (1210401056) (2014) Bimbingan Konseling Individual untuk Menangani Siswa Indisipliner di MTs Ar-rosyidiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang tidak disiplin dengan melakukan pelanggaran-pelanggaran yang telah di tetapkan oleh sekolah baik itu secara tertulis ataupun tidak tertulis, dalam hal ini guru BK sangat diperlukan untuk menangani siswa yang tidak disiplin dengan memberikan bimbingan dan konseling terhadap siswa, supaya siswa tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran yang pernah dilakukan oleh siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program bimbingan konseling di MTs Ar-rosyidiyah, mengetahui pelaksanaan bimbingan konseling individual untuk menangani siswa indisipliner di MTs Ar-rosyidiyah, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan konseling individual untuk menangani siswa indisipliner di MTs Ar-rosyidiyah, serta mengetahui hasil bimbingan konseling individual untuk menangani siswa indisipliner di MTs Ar-rosyidiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan meliputi pengumpulan data, teknik observasi dan wawancara, wawancara yang dilakukan dengan guru BK di MTs ar-rosyidiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk-bentuk pelanggaran siswa terhadap peraturan tata tertib dan upaya guru BK dalam menangani siswa yang indisipliner di sekolah MTs ar-rosyidiyah. Bentuk tidak disiplin yang dilakukan oleh siswa di MTs Ar-rosyidiyah baik secara tertulis ataupun tidak tertulis, seperti: perilaku membolos selama 3 Hari tidak masuk sekolah, terlambat masuk sekolah, ribut di kelas, menyimpan video porno, tidak mengenakan atribut sekolah secara lengkap, merokok pada waktu istirahat, siswa tidak melakukan sha’lat berjama’ah. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah semua program BK yang ada di MTs Ar-rosyidiyah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan program BK yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Dalam pelaksanaan bimbingan konseling individual di MTs Ar-rosyidiyah dilakukan oleh guru BK bagi siswa yang tidak disipin di sekolah dengan memanggil siswa kemudian berdiskusi atau tanya jawab dengan menggunakan metode pendekatan. Setelah diberikan layanan bimbingan konseling individual siswa yang tidak disiplin tidak mengulangi lagi kesalahan yang pernah dilakukannya walaupun ada sebagian siswa yang tidak disiplin. Bagi siswa yang tidak disiplin guru BK memberikan teguran atau sanksi, dan bentuk teguran yang diberikan oleh guru BK terhadap siswa tersebut tidak berbentuk kekerasan atau pukulan, sehingga siswa merasa takut untuk melakukan pelanggaran peraturan di sekolah MTs Ar-rosyidiyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Individual, Siswa, Indisipliner
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 24 May 2016 04:37
Last Modified: 25 May 2016 12:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1645

Actions (login required)

View Item View Item