Pengelolaan program penyuluhan tentang peraturan barang bawaan penumpang di Bandara Husein Sastranegara: studi kasus di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean A Bandung

Suryana, Sitta Fitriyanti (2018) Pengelolaan program penyuluhan tentang peraturan barang bawaan penumpang di Bandara Husein Sastranegara: studi kasus di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean A Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menerbitkan regulasi baru untuk impor barang bawaan penumpang dan awak sarana pengangkut sebagai pengganti Peraturan Menteri Keuangan Nomor (PMK) 188/PMK.04/2010. Aturan baru ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan penumpang yang cukup signifikan, dan peningkatan pendapat perkapita warga negara Indonesia dan menanggapi aspirasi dari masyarakat. Adapun peraturan baru ini adalah peraturan Kementeri Keuanganan (PMK) Nomor 203/PMK.04/2017 tentang ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang dibawa oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut yang dapat diunduh pada www.jdih.kemenkeu.go.id. Peraturan yang berisi ketentuan-ketentuan mengenai ekspor dan impor barang yang dibawa oleh penumpang dan awak sarana pengangkut ini mulai diberlakukan 1 Januari 2018. Penelitian ini dilakukan karena adanya peraturan baru mengenai barang bawaan pribadi dan awak sarana pengangkut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan program kerja yaitu program penyuluhan melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi yang dilakukan oleh humas/PLI Bea Cukai Bandung dalam program penyuluhan tentang peraturan barang bawaan penumpang. Konsep yang digunakan dalam penelitiaan ini yaitu dengan mengunakan konsep POAC yang meliputi perencanaan (Planning), organisasi (Organizing), pelaksanaan (Actuanting), pengawasan (Controling) dan evaluasi (Evaluating). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan menerapkan paradigma konstuktivisme, kemudian teknik yang digunakan penelitian ini adalah teknik pengumpulan data, observasi, dan wawancara mendalam dengan 3 informan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Humas/PLI (Penyuluhan Layanan Informasi ) Bea Cukai Bandung dalam pengelolaan program penyuluhan tentang peraturan barang bawaan penumpang di Bandara Husein Sastranegara menggunakan perencanaan yakni mengumpulkan data/informasi tentang peraturan baru. Kedua pengorganisasian dengan membentuk sebuah kepanitiaan dengan cara tidak tertulis, ketiga pelaksanaan yakni menjelaskan secara detail tentang peraturan teknis barang bawaan penumpang, dan yang keempat pengawasan dan evaluasi yang merupakan menonitoring kepada para panitia dan mengukur tingkat keberhasilan dalam mengerjakan program, sehingga pengelolaan program penyuluhan tentang peraturan barang bawaan penumpang di Bandara Husein Sastranegara telah dilaksanakan dengan sebaik mungkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Program; Peraturan Barang Bawaan Penumpang;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: sitta fitriyanti suryana sitta fitriyanti suryana
Date Deposited: 07 Nov 2018 06:42
Last Modified: 07 Nov 2018 06:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16467

Actions (login required)

View Item View Item