Analisi rasio untuk menilai kinerja keuangan Daerah Kabupaten Mandailing Natal tahun 2012-2016

Majid NST, Ryan Abdul (2018) Analisi rasio untuk menilai kinerja keuangan Daerah Kabupaten Mandailing Natal tahun 2012-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Laporan keuangan pemerintah daerah berfungsi untuk memberikan informasi keuangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan laporan tersebut yang akan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan ekonomi, sosial, dan politik. Adapun latar belakang penelitian ini antara lain: Ketergantungan pemerintah daerah kepada subsidi dari pemerintah pusat, Rendahnya kemampuan daerah untuk menggali potensi sumber-sumber (PAD), Kurangnya usaha dan kemampuan penerimaan daerah dalam pengelolaan dan menggali sumber sumber pendapatan yang ada. In efisiensi pemerintah daerah dalam melakukan belanja daerah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengukur Kinerja Keuangan Daerah Kabupaten Mandailing Natal tahun 2012-2016. Adapun beberapa cara untuk mengukur Kinerja Keuangan Daerah salah satunya yaitu dengan menggunakan Rasio Kinerja Keuangan Daerah. Beberapa rasio yang bisa digunakan adalah : Rasio Drajat Desentralisasi Fiscal, Rasio Kemandirian Keuangan Daerah, Rasio Efektivitas PAD, Rasio Efisiensi Keuangan Daerah, Rasio Keserasian, dan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mandailing Natal. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deksriptif kualitatif dengan wawancara dan rumus: Analisis Rasio Keuangan Daerah. Hasil analisis menunjukan bahwa Kinerja Keuangan Daerah Kabupaten Mandailing Natal dilihat dari : (1) Rasio Drajat Desentralisasi Fiscal tergolong sangat kurang Artinya, kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap total Penerimaan Daerah harus jauh lebih ditingkatkan. (2) Rasio Kemandirian Keuangan Daerah masih tergolong Rendah Sekali dan dalam kategori pola hubungan Instruktif atau peran pemerintah masih lebih dominan daripada kemadirian pemerintah daerah dengan rata –rata rasionya 5,41%. (3) Rasio Efektifitas PAD dapat dikategorikan tidak efektif, karena rata-rata efektifitasnya sebesar 77,3% (4) Rasio Efesiensi Keuangan Daerah tergolong cukup Efiseien karena rata-rata besarnya rasio ini sebesar 88,5% (5) Rasio Keserasian dapat dikatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal mengalokasikan sebagian besar anggaran belanjanya untuk belanja operasi daerah yaitu rata-rata sebesar 80,88% dibandingkan dengan rata-rata belanja modal sebesar 18,87% . Berdasarkan perhitungan analisis rasio keuangan daerah dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan Kabupaten Mandailing Natal selama periode 2012-2016 tergolong kurang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis; Kinerja; Keuangan Daerah; Rasio Efektifitas PAD; Rasio Efesiensi Keuangan Daerah; Rasio Keserasian; Rasio Pertumbuhan; Rasio Kemandirian Keuangan Daerah
Subjects: Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Ryan Abdul Majid NST
Date Deposited: 12 Nov 2018 07:37
Last Modified: 12 Nov 2018 07:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16490

Actions (login required)

View Item View Item