Pelaksanaan penetapan bagi hasil dengan margin flat dalam akad pembiayaan musyarakah produk tunas usaha iB Hasanah di Bank BNI Syariah Cabang Bandung

Hapid, Rahman (2018) Pelaksanaan penetapan bagi hasil dengan margin flat dalam akad pembiayaan musyarakah produk tunas usaha iB Hasanah di Bank BNI Syariah Cabang Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (813kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan akad pembiayaan musya ̂rakah pada produk Tunas Usaha iB Hasanah merupakan salah satu pembiayaan yang dilakukan Bank BNI Syariah. Pada awal akad, bank menetapkan nisbah bagi hasil keuntungan dengan menggunakan margin flat yang dihitung dari pokok pembiayaan yang diberikan oleh bank kepada nasabah. Sementara menurut Fatwa DSN-MUI No.08/DSN-MUI/IV/2000 tentang Pembiayaan Musya ̂rakah menjelasakan bahwa setiap keuntungan dibagikan secara propesional dan tidak ada jumlah yang ditentukan diawal. Dan menurut Fatwa DSN-MUI No.114/DSN-MUI/IX/2017 tentang Akad Syi ̂rkah menjelaskan bahwa nisbah bagi hasil tidak boleh diambil dari modal usaha. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana latar belakang Bank BNI Syariah menetapkan nisbah bagi hasil diawal akad dalam produk Tunas Usaha iB Hasanah; 2) Bagaimana mekanisme pelaksanaan akad pembiayaan musya ̂rakah dalam produk Tunas Usaha iB Hasanah; 3) Bagaimana harmonisasi norma bagi hasil antara Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia dengan norma bagi hasil yang digunakan Bank BNI Syariah dalam produk Tunas Usaha iB Hasanah. Kerangka penelitian ini yaitu teori musya ̂rakah dan teori penetapan nisbah bagi hasil pada produk pembiayaan Tunas Usaha iB Hasanah yang menggunakan akad musya ̂rakah di Bank BNI Syariah Kantor Cabang Bandung yang ditinjau dari Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia tentang Musya ̂rakah. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian deskriftif analisis yaitu metode penelitian yang menjelaskan pelaksanaan penetapan nisbah bagi hasil dalam akad musya ̂rakah di Bank BNI Syariah Cabang Bandung. Sumber data primer yaitu karyawan Bank BNI Syariah Cabang Bandung. Data sekunder berupa hasil wawancara, buku, jurnal dan website yang relevan pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Penetapan bagi hasil yang dilakukan diawal akad pembiayaan musya ̂rakah dikarenakan nasabah tidak memberikan laporan keuangan usahanya secara adil dan jujur; 2) Mekanisme penetapan nisbah bagi hasil keuntungan menggunakan margin flat dari pokok pembiayaan 3) Pelaksanaan pembiayaan musya ̂rakah dalam produk Tunas Usaha iB Hasanah di Bank BNI Syariah belum sepenuhnya harmoni dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia tentang musya ̂rakah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Musyarakah; Bagi hasil; Margin Flat;
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Depositing User: Rahman Hapid
Date Deposited: 09 Nov 2018 07:23
Last Modified: 04 Jul 2019 06:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16530

Actions (login required)

View Item View Item