Permatasari, Hana Intan (2018) Penerapan pendekatan STEM (science, technology, engineering and mathematic) untuk meningkatkan aspek kognitif peserta didik pada materi alat-alat optik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (258kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran yang dibutuhkan saat ini harus dapat mempersiapkan peserta didik mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dengan tahapan EDP (Engineering Design Process) merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat mempersiapkan peserta didik memiliki kemampuan pada aspek kognitif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan pendekatan STEM dengan tahapan EDP serta peningkatan aspek kognitif peserta didik pada materi alat optik. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan di kelas XI MIA MAS YPP Sukamiskin. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI yang berjumlah dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas XI MIA-1 dengan jumlah peserta didik 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan aktivitas guru adalah 81% terkategori baik, sedangkan aktivitas peserta didik 78% terkategori baik. Nilai rata-rata N-gain sebesar 0,7 yang termasuk kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung >ttabel (41,97 > 2,015) dengan taraf signifikansi 5%. Terdapat peningkatan aspek kognitif diperoleh nilai gain 0,7 dengan interpretasi tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STEM dengan tahapan EDP; aspek kognitif; alat-alat optik |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Hana Intan Permatasari |
Date Deposited: | 12 Nov 2018 06:09 |
Last Modified: | 12 Nov 2018 06:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16558 |
Actions (login required)
View Item |