Hertiawan, Putri Rahmasari (2018) Pengaruh metode 7 jurus problem membaca Al-Qur'an terhadap peningkatan hafalan Al-Qur'an: penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VIII di SMP Al-Amanah Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstraksi.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (404kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
Abstract
Menghafal al-Qur’an adalah usaha kongkret yang bisa dilakukan seorang muslim untuk memelihara firman Allah Swt. al-Qur’an memiliki pengaruh yang sangat penting bagi setiap muslim dalam menjalani kehidupannya di dunia dan sebagai petunjuk untuk mencari bekal di akhirat. Oleh karena itu menghafal al-Qur’an memang harus diajarkan atau diprogramkan untuk generasi muda sejak usia anak anak.Faktor terpenting dalam menghafal al-Qur’an adalah memperbaiki bacaan al-Qur’an terlebih dahulu sebelum menghafalnya.Seperti halnya program tahfidz di SMP Al-Amanah, kemampuan membaca al-Qur’an siswa yang berbeda menjadi problematika dalam pelaksanaan program menghafal. Metode 7 jurus Problem Membaca al-Qur’an menjadi satu solusi untuk memperbaiki bacaan al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh metode 7 jurus problem membaca al-Qur’an terhadap peningkatan hafalan siswa terutama dalam kaidah membacanya.Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, terdapat Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol yang diberikan pretest untuk mengetahui keadaan awal, kemudian setelah dilakukan perlakuan, kedua kelas tersebut diberikan posttest untuk mengetahui pengaruh metode tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode 7 jurus problem membaca al-Qur’an terhadap peningkatan hafalan al-Qur’an, terlihat dari adanya kenaikan nilai rata-rata kelas eksperimen, sedangkan di kelas kontrol tidak terdapat perubahan.Metode 7 jurus problem membaca al-Qur’an bisa menjadi solusi untuk memperbaiki bacaan al-Qur’an sebelum menghafalnya. Memorizing the Qur'an is a concrete effort that a Muslim can take to keep the Word of God. The Qur'an has a very important influence for every Muslim in living his life in the world and as a guide to finding provisions in the afterlife. Therefore memorizing the Qur'an must indeed be taught or programmed for the younger generation since the age of the child. The most important factor in memorizing the Qur'an is to improve the reading of the Qur'an first before memorizing it. Like tahfidz program in SMP Al-Amanah, the ability to read the Qur'an of different students becomes problematic in the implementation of memorization program. Method 7 Stance Problem Reading the Qur'an into one solution to improve the reading of the Qur'an. The purpose of this research is to see the influence of the method of 7 stances on the problem of reading al-Qur'an to increase the recitation of students, especially in the rules of reading. This research uses a quasi-experimental method, there are Experimental Class and Control Class gave a pretest to know the initial state, then after done treatment, both classes are given posttest to know the effect of the method. The result of this research is that there is 7 methods influence of Al-Qur'an reading problem to increase the recitation of Al-Qur'an, seen from the increase of experiment class average value, while in control class there is no change. Method 7 Jurus Reading Problem al-Qur'an can be a solution to improve the recitation of the Qur'an before memorizing it.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Al-Qur’an; Menghafal; Perbaikan; Bacaan; Meningkat; |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PUTRI RAHMASARI HERTIAWAN |
Date Deposited: | 29 Nov 2018 01:56 |
Last Modified: | 29 Nov 2018 01:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16571 |
Actions (login required)
View Item |