Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada materi getaran harmonis

Nuraeni, Yani (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada materi getaran harmonis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Hasil penelitian yang telah dilakukan di SMA KP 1 Ciparay menunjukkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi getaran harmonis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi getaran harmonis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design, dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 4 SMA Karya Pembangunan 1 Ciparay, sampel dipilih dengan teknik random sampling yaitu kelas X MIA 4 dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 83% berkategori baik dan rata-rata keterlaksanaan aktivitas peserta didik sebesar 79% berkategori baik. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik berdasarkan N-Gain diperoleh rata-rata sebesar 0,5 berkategori sedang. Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test (uji-t) dengan hasil thitung (36,06) > ttabel (2,048) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi getaran harmonis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE); kemampuan berpikir kreatif; getaran harmonis.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Yani Yani Nuraeni
Date Deposited: 12 Nov 2018 07:33
Last Modified: 12 Nov 2018 07:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16572

Actions (login required)

View Item View Item