Widya, Irfani Nur (2018) Pengembangan media pembelajaran berupa buletin pada materi gelombang bunyi untuk meningkatkan literasi peserta didik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover[1].pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak[1].pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi[1].pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1[1].pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2[1].pdf Restricted to Registered users only Download (979kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3[1].pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4[1].pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5[1].pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka[1].pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan media buletin pada materi gelombang bunyi di kelas XI MIA 7 SMA Al Masoem Bandung, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media buletin pada materi gelombang bunyi di kelas XI MIA 7 SMA Al Masoem Bandung, dan (3) peningkatan kemampuan literasi peserta didik kelas XI MIA 7 SMA Al Masoem Bandung pada materi gelombang bunyi menggunakan media berupa buletin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian uji coba produk berjumlah 27 orang peserta didik di kelas XI MIA 7 SMA Al Masoem Bandung. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa (1) media buletin layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas, (2) keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik dengan masing-masing presentase rata-rata keterlaksanaan sebesar 94% dan 91% dengan kategori sangat baik. (3) untuk peningkatan kemampuan literasi dapat dilihat dari nilai hasil analisis N-gain sebesar 0,6 dengan interpretasi peningkatan sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa media buletin layak digunakan sebagai bahan ajar di kelas dengan baik dan terdapat peningkatan terhadap kemampuan literasi peserta didik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media buletin; gelombang bunyi; kemampuan literasi; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Irfani Nur Widya |
Date Deposited: | 13 Nov 2018 02:02 |
Last Modified: | 13 Nov 2018 02:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16580 |
Actions (login required)
View Item |