Pengaruh penerimaan pajak bumi dan bangunan terhadap peningkatan pendapatan asli daerah pada badan pengelolaan pendapatan daerah Kota Bandung

Kamilah, Dede (2018) Pengaruh penerimaan pajak bumi dan bangunan terhadap peningkatan pendapatan asli daerah pada badan pengelolaan pendapatan daerah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, maka Ppemerintah memberikan kebebasan bagi masing-masing daerah untuk mengatur dan mengelola daerahnya. Besarnya minat masyarakat untuk memiliki asset berupa tanah dan bangunan di Kota Bandung berdampak terhadap besarnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Dengan besarnya penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tersebut akan meningkatkan pendapatan pajak yang menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penulis menggunakan teori-teori penerimaan pajak dari Siti Kurnia Rahayu dalam variabel independen (X) dimana teori yang diteliti berjumlah 6 dimensi yaitu kejelasan, kepastian, dan kesederhanaan peraturan perundang-undangan perpajakan, kebijakan pemerintah dalam mengimplementasikan undang-undang perpajakan, sistem administrasi perpajakan yang tepat, pelayanan, kesadaran dan pemahaman warga negara, dan kualitas petugas pajak dan teori Peningkatan Pendapatan Asli Daerah dari Abdul Halim, dalam variabel (Y) dimana teori yang diteliti yaitu intensifikasi. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif, jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, studi kepustakaan dan penyebaran angket kepada 22 responden. Berdasarkan pengolahan data angket didapatkan hasil mengenai Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan mendapatkan skor 1554 antara rentang 1271,6 dan 1870 dalam kategori tinggi rata-rata sebesar 83%. Peningkatan Pendapatan Asli Daerah mendapatkan skor 369 antara rentang 299,2 dan 369,6 berkategori tinggi yaitu rata-rata 84%. Berdasarkan penghirungan pengaruh Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan sebesar 50,7% terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung. Sehingga dapat disimpulkan terjadi pengaruh tinggi secara positif dan signifikan, sedangkan sisanya 49,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak peneliti teliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah; Pajak Bumi dan Bangunan; Peningkatan; Penerimaan;
Subjects: Accounting
Accounting > Tax Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Dede Kamilah Mardiani
Date Deposited: 13 Nov 2018 04:00
Last Modified: 13 Nov 2018 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16596

Actions (login required)

View Item View Item