Rohimat, Rohimat (2018) Manajemen sarana dan prasarana podok pesantren: penelitian di Pondok Pesantren Hidayatul Faizien Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (390kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
Abstract
Pondok Pesantren Hidayatul Faizien merupakan lembaga pendidikan non-formal yang terus bergerak mengembangkan pendidikan agama Islam pada masyarakat, upaya memperkuat pemahaman terhadap dasar ilmu agama Islam. Sarana dan prasarana yang kurang memadai menjadi masalah mendasar di Pondok Pesantren pada umumnya, sedangkan dengan sarana dan prasarana yang memadai, kualitas pembelajaran akan lebih baik, maka sangatlah perlu manajemen dalam mengelola sarana dan prasarana yang ada di Pondok Pesantren untuk memaksimalkan penggunaaan sarana dan prasarana sehingga dapat menciptakan proses pembelajaran yang baik dan mencapai tujuan pendidikan dengan efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan: (1) Perencanaan sarana dan prasarana, (2) Pengadaan sarana dan prasarana, (3) Inventarisasi sarana dan prasarana, (4) Pemeliharaan sarana dan prasarana, dan (5) Penghapusan sarana dan prasarana yang ada di pondok pesantren Hidayatul Faizien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan, meliputi: (1) Observasi partisipatif, (2) Wawancara, (3) Studi dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan cara studi penelitian untuk mendapatkan data-data yang otentik. Langkah-langkah yang dilakukan peneliti adalah menentukan jenis data, menentukan sumber data, menentukan metode dan teknik pengumpulan data. Kemudian data yang dianalisis diuji keabsahan datanya yang disepakati oleh lembaga yang diteliti, penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Hidayatul Faizien. Hasil-hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan sarana dan prasarana Pondok Pesantren direncanakan setiap tahun ajaran baru dengan menentukan kebutuhan dan mempertimbangkan hasil evaluasi pada tahun sebelumnya, pengadaan sarana dan prasarana Pondok Pesantren yaitu mengadakan saran dan prasarana dengan melaksanakan pengadaan sarana dan prasarana sesuai kebutuhan yang ada, bertujuan memenuhi semua kebutuhan sarana dan prasarana, inventarisasi di Pondok Pesantren ada pengurus yang diberi tugas untuk pencatatan barang yang telah diadakan, pemeliharaan sarana dan prasarana di Pondok Pesantren yaitu semua warga Pondok Pesantren terlibat dalam pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana yang ada, penghapusan sarana dan prasarana di Pondok Pesantren dilaksanakan dengan hanya menghilangkan sarana dan prasarana yang mengalami kerusakan berat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sarana; prasarana; |
Subjects: | Education > Organization of Education Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | rohimat rohimat |
Date Deposited: | 13 Nov 2018 03:51 |
Last Modified: | 13 Nov 2018 03:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16598 |
Actions (login required)
View Item |