Nirmala, Irma (2014) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran flash card: hubungannya dengan pemahaman mereka terhadap mata pelajaran PAI pada sub bahasan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati: penelitian di Kelas VII SMP Bakti Nusantara Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (685kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (782kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari adanya fenomena yang ada di SMP Bakti Nusantara Bandung, yakni tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran flash card besar pengaruhnya terhadap pemahaman mereka pada mata pelajaran PAI sub bahasan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati. Dari fenomena tersebut timbullah permasalahan yang harus diteliti, yaitu bagaimana kadar hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran flash card hubungannya dengan pemahaman mereka terhadap mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran flash card; 2) Pemahaman mereka terhadap mata pelajaran PAI; 3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran flash card dengan pemahaman mereka terhadap mata pelajaran PAIpada sub bahasan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI pada sub bahasan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati bergantung kepada media dan metode pembelajaran di kelas serta berdasarkan tanggapan terhadap suatu objek. Maka hipotesis yang diajukan semakin baik tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran flash card maka semakin baik pula pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif karena metode ini dianggap cocok untuk menggali, menganalisis dan menginterpretasikan fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, observasi dan wawancara. Sedangkan analisis cara dilakukan dengan dua cara, yaitu teknik logika digunakan untuk data kualitatif dan data kuantitatif diolah oleh data statistik, dengan menggunakan analisis parsialdan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran flash card termasuk ke dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,67. Adapun pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI sub bahasan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati termasuk ke dalam kategori baik yaitu sebesar 79,5. Hubungan antara keduanya ditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,88. yakni termasuk kategori sangat tinggi. Hasil uji t pada taraf signifikansi 5% menunjukkan t hitung 6,71 > t tabel1,673. Artinya Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran flash card dengan pemahaman mereka terhadap mata pelajaran PAI pada sub bahasan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati. Adapun kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 53 %. Dengan demikian, selain dari faktor tanggapan siswa terhadap penggunaan media
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media; Flash Card; PAI; Nun Mati; Tanwin; |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 30 Nov 2018 06:41 |
Last Modified: | 30 Nov 2018 06:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16629 |
Actions (login required)
View Item |