Akad tabungan investa cendikia dan keterlibatan asuransi pada bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ujung Berung Bandung

Santi, Kartika (2013) Akad tabungan investa cendikia dan keterlibatan asuransi pada bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ujung Berung Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.COVER SKRIPSI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK SKRIPSI KARTIKA.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)

Abstract

Tabungan Investa Cendekia ( TIC ) merupakan tabungan berjangka untuk keperluan uang pendidikan dengan jumlah setoran bulanan tetap ( installment ) dan dilengkapi dengan perlindungan asuransi. Produk TIC adalah salah satu bentuk kerja sama dalam menggabungkan dua produk, yaitu produk perbankan dan produk asuransi. Ketika menjadi nasabah pada produk bank tersebut, selain manfaat perlindungan asuransi, nasabah juga akan mendapatkan bagi hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan akad Tabungan Investa Cendekia serta keterlibatan asuransi dan sistem bagi hasil pada Tabungan Investa Cendekia, dan menganalisa harmonisasi antara pelasanaan akad Tabungan Investa Cendekia di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ujungberung Bandung dengan akad mudhārabah dalam fikih muamalah. Penelitian ini berlandaskan pada pemikiran bahwa dalam asuransi syariah tidak mengenal adanya loss premium karena perusahaan hanya bertindak sebagai pemegang amanah dari peserta untuk mengelola dananya. Sedangkan dalam produk Tabungan Investa Cendekia apabila selama berlakunya TIC tidak terjadi klaim hingga jatuh tempo, maka premi yang selama ini dibayar akan hangus dan dikelola oleh PT. Asuransi Takaful Keluarga menjadi dana tabarru’. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu menggambarkan fakta yang terjadi mengenai Akad Tabungan Investa Cendekia dan Keterlibatan Asuransi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ujungberung Bandung. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Pelaksanaan Akad Mudhārabah dalam Produk TIC di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ujungberung Bandung telah sesuai dengan akad mudhārabah dalam fikih muamalah. Dalam Produk TIC, Bank Syariah Mandiri bekerja sama dengan PT. Asuransi Takaful Keluarga dengan menggunakan akad mudhārabah dalam pengelolaan premi asuransi. Dengan adanya keterlibatan asuransi dalam Produk TIC, maka total jumlah setoran TIC tidak akan sama dengan target dana sesuai dengan waktu yang diambil, karena telah dikurangi dengan premi asuransi yang didebet dari setoran bulanan. Pada mulanya akad yang dipergunakan dalam manfaat asuransi yang melekat pada Tabungan Investa Cendekia adalah akad tijārah. Namun, dikarenakan adanya penggabungan dua produk, maka akad dalam asuransi yang melekat pada produk TIC berubah menjadi akad tabarru’, disebabkan unsur premi yang terkandung dalam produk TIC merupakan premi dengan unsur tabungan. Sehingga, apabila tidak terjadi klaim pada saat TIC telah jatuh tempo, jumlah dana yang akan diterima yaitu hanya jumlah setoran tetap setelah dikurangi premi dikalikan dengan jumlah tahun yang dipilih ditambah dengan bagi hasil yang diterima nasabah setiap bulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Investa; Cendikia; Asuransi; Akad; Tabungan;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 19 Nov 2018 04:11
Last Modified: 19 Nov 2018 04:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16650

Actions (login required)

View Item View Item