Saepurahman, Aji (2018) Kreativitas dan kinerja guru dampaknya terhadap mutu pembelajaran PAI di SMA dan SMK se-Kecamatan Tanjungsari Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (152kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi bahwa kreativitas dan kinerja guru akan menjadi stimulus bagi guru sehingga berdampak terhadap mutu pembelajaran PAI di SMA dan SMK sekecamatan Tanjungsari. Fenomena yang terjadi menunjukan adanya kesenjangan antara kreativitas dan kinerja guru dengan mutu pembelajaran PAI di SMA dan SMK seKecamatan Tanjungsari. Dari fenomena tersebut timbul permasalahan inti yang harus diteliti, yakni bagaimana kreativitas dan kinerja guru dampaknya terhadap mutu pembelajaran PAI di SMA dan SMK seKecamatan Tanjungsari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru PAI di SMA dan SMK sekecamatan Tanjungsari, kinerja guru PAI SMA dan SMK sekecamatan Tanjungsari, dan kreativitas dan kinerja guru dampaknya terhadap mutu pembelajaran PAI. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa dari kreativitas dan kinerja guru yang baik maka akan berdampak terhadap mutu pembelajaran PAI. Oleh sebab itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik kreativitas dan kinerja guru, maka akan semakin baik pula mutu pembelajaran PAI, demikian sebaliknya. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah Mixed Methods Research yakni penelitian yang mengkombinasikan antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, dengan model sequential explanatory (urutan pembuktian). Pengumpulan data kuantitatif menggunakan angket, sedangkan pengumpulan data kualitatif menggunakan wawancara. Analisis data kuantitatif menggunakan metode Path, analisis kualitatif menggunakan alur analisis kualitatif, dan analisis data kuantitatif dan kualitatif dilakukan dengan cara membandingkan data hasil penelitian kuantitatif dan kualitatif. Adapun sampel yang diteliti yaitu 60 responden. Penelitian ini menghasilkan temuan: pertama, kreativitas guru PAI di SMA dan SMK sekecamatan tanjungsari berkategori sedang, kinerja guru PAI dan mutu pembelajaran PAI di SMA dan SMK sekecamatan Tanjungsari secara kuantitatif dan kualitatif dikategorikan tinggi. Kedua, kretivitas guru (X_1) dan kinerja guru (X_2) terhadap mutu pembelajaran PAI (Y) positif dan signifikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Dengan demikian tidak ada perbedaan hasil penelitian kuantitatif maupun kualitatif, sehingga disimpulkan bahwa hasil penelitian kualitatif dalam penelitian ini melengkapi, memperdalam, memperluas dan memperkuat hasil penelitian kuantitatif. Hasil penelitian juga menambahkan bahwa masih ada variabel lain yang diperkirakan juga berdampak terhadap mutu pembelajaran PAI, yaitu pemilihan metode yang baik dan keterbatasan media tekhnologi seperti LCD dan internet.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas dan Kinerja Guru; Mutu Pembelajaran PAI |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | aji saepurahman |
Date Deposited: | 23 Nov 2018 06:10 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 03:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16727 |
Actions (login required)
View Item |