Konsep pendidikan keimanan dalam perspektif Badi’uzzaman Said Nursi dan relevansinya dengan konteks pendidikan di Indonesia saat ini

Rahman, Agus (2018) Konsep pendidikan keimanan dalam perspektif Badi’uzzaman Said Nursi dan relevansinya dengan konteks pendidikan di Indonesia saat ini. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
1. BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
2. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
3. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text (BAB IV)
4. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
5. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)

Abstract

Manusia modern mengalami kompleksitas masalah kemanusiaan yang sangat akut yang terakumulasi dalam bentuk budaya permisif dan “Existential Vacum”. Masalah yang terjadi seringkali ditanggulangi dengan pendekatan yang tidak tepat karena hanya fokus pada aspek terluarnya saja. Padahal kemunculan masalah merupakan akumulasi yang disebabkan oleh tidak aktifnya keimanan seseorang. Upaya mengimplementasikan pendidikan keimanan adalah solusi paling mendesak untuk menjawab permasalahan yang ada, dalam tesis ini adalah perspektif Nursi yang dijadikan fokus penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi: 1) Pemikiran dimensi pendidikan Badi’uzzaman Said Nursi, 2). Konsep pendidikan keimanan Said Nursi, 3) Relevansi pendidikan keimanan dalam perpsektif Nursi dengan konteks pendidikan di Indonesia saat ini. Teori yang melandasi penelitian ini adalah teori keimanan menurut ulama ahlu al-sunnah wa al-jama’ah yang mengartikan iman sebagai bentuk pengakuan dalam hati yang diikrarkan oleh lisan dan diamalkan seluruh anggota badan. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dalam bentuk analisis konten terhadap maha karya Badiuzzaman Said Nursi; Rasâil al-Nûr. Hasil penelitan menunjukkan bahwa: 1) Masalah kemanusiaan yang muncul disebabkan oleh kebodohan manusia dalam memahami hakikat Tuhan, manusia dan, alam. Untuk meretas persolan tersebut Nursi meberikan solusi pemikiran dalam dimensi pendidikan, yaitu: a). Melakukan integrasi pendidikan dengan menggabungkan pola pendidikan Mektebe, Medrese dan tekke untuk menjauhkan dikotomisasi ilmu, b). Menginterpretasikan al-Qur’an dengan pendekatan maknawy untuk menjawab tantangan peradaban seperti mementahkan argumentasi sekulerisme, materialisme, naturalisme dan ateisme berdasarkan kajian al-Qur’an, dan c). Melakukan dakwah dengan pendekatan yang inklusif untuk memperlihatkan wajah Islam yang rahmatan lil ‘alamin. 2). Konsep pendidikan keimanan Nursi adalah untuk menumbuhkan spirit hidup yang visioner dengan kesadaran pada risalah kebangkitan dengan kalimat “la ilaha illa Allah” menjadi panduan. 3) Konsep pendidikan keimanan Said Nursi memiliki relevansi yang sangat kuat dengan konteks pendidikan di Indonesia baik dalam tantangan, hambatan, konsep, dan komponen kurikulum.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Keimanan; Badi'uzzaman Said Nursi; Pendidikan Indonesia
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Rahman
Date Deposited: 17 Nov 2018 02:36
Last Modified: 13 Jan 2022 02:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16731

Actions (login required)

View Item View Item