Parihah, Siti (2018) Keefektifan pembelajaran akhlak dengan menggunakan metode Ibrah Mauizah di MA Sunanulhuda Sukabumi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
0. COVER.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
0. ABSTRAK.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
0. DAFTAR ISI.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
1. BAB 1.pdf Download (314kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
2. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
||
Text (BAB III)
3. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
||
Text (BAB IV)
4. BAB IV TA.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) |
||
Text (BAB V)
5. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
Abstract
Adanya kesenjangan antara pengetahuan dan pengamalan yaitu dalam praktek pendidikan agama menjadi pengajaran agama sehingga dibutuhkan upaya perbaikan pembelajaran sehingga terjadinya proses transinternalisasi nilai dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Tujuan penggunaan metode ibrah mauidzah dalam pembelajaran akhlak; 2). Program pembelajaran dengan metode ibrah mauidzah untuk meningkatkan akhlak; 3) Implementasi pembelajaran akhlak dengan metode ibrah mauidzah; 4) kelebihan dan kekurangan pembelajaran akhlak dengan menggunakan metode ibrah mauidzah; dan 5) Hasil pembelajaran akhlak dengan metode ibrah mauidzah. Ibrah mauizah adalah suatu cara penyampaian materi pelajaran melalui tutur kata yang berisi nasihat-nasihat dan peringatan yang diambil dari pengalaman yang tersaji dalam materi pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di MA Sunanulhuda Sukabumi. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Guru, dan siswa. Analisis data dilakukan dengan memilih dan memilah jawaban data-data yang diperoleh kemudian dikumpulkan untuk dianalisis dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan 1) Tujuan dari pembelajaran dengan metode ibrah mauidzah yaitu membentuk peserta didik yang berkualitas keimanan, keislaman, dan akhlak dengan proses memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai agama islam sebagai upaya mengantisipasi terhadap dampak negatif; 2) Program pembelajaran yaitu, mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa program tahunan, program semester, silabus, RPP, media, materi, dan bentuk evaluasi. 3) Implementasi pembelajaran akhlak dengan metode ibrah mauidzah yaitu tahap orientasi, kegiatan ini meliputi tahap meyakinkan, tahap internalisasi, mengolah pengetahuan, dan menyajikan hasil, tahap penutup meliputi tahap menyimpulkan dengan merefreksi makna nilai-nilai yang ada sehingga menimbulkan kesadaran dan tahap terakhir; 4). Kelebihan yaitu guru mampu mengarahkan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam waktu yang singkat dan fleksibel. Sedangkan kekurangannya meliputi jika pemahaman guru hanya berkisar pada penguasaan kelas melalui ceramah dapat menimbulkan kejenuhan, jika guru tidak mengerti psikologis siswa maka akan menimbulkan pemahaman yang kabur, dan terkadang guru sulit untuk mengetahui pemahaman peserta didik. 5) Hasil pembelajaran akhlak dengan metode ibrah mauidzah adalah timbulnya kesadaran dalam diri peserta yaitu dalam kaitannya dengan hubungan dengan Allah, manusia, dan alam serta meningkatnya prestasi akademik sebesar 74%. Berdasarkan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa metode ibrah mauidzah mampu meningkatkan prestasi belajar dan akhlak peserta didik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Akhlak; Metode Ibrah Mauizah |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Parihah |
Date Deposited: | 16 Nov 2018 09:21 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 02:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16736 |
Actions (login required)
View Item |