Aliah, Adah (2018) Peningkatan kompetensi guru melalui kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pedidikan Agama Islam. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
0. COVER.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
0. ABSTRAK.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
0. DAFTAR ISI.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
1. BAB I.pdf Download (141kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
2. BAB II JAD2I.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
Text (BAB III)
3. BAB III JADI.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
||
Text (BAB IV)
4. BAB IV JADI.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
||
Text (BAB V)
5. BAB V JADI.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA JADI.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu masih banyak guru yang tidak menekuni profesinya secara utuh, kurangnya motivasi guru dalam meningkatkan kualitas diri.banyak guru yang belum menghargai profesinya, dan rendahnya tingkat kompetensi profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Tujuan dari kegiatan MGMP PAI; 2) Program-program dalam peningkatan kompetensi Guru melalui kegiatan MGMP PAI; 3) Proses peningkatan kompetensi Guru melalui kegiatan MGMP PAI; 4) Faktor pendukung dan penghambat dalam proses peningkatan kompetensi Guru melalui kegiatan MGMP PAI; dan 5) Dampak kegiatan MGMP PAI terhadap peningkatan kompetensi Guru. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu ketua, Sekretaris, Bendahara, kepala sekolah, dan guru. Lokasi penelitia difokuskan di MGMP PAI Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur. Analisis data dilakukan dengan memilih dan memilah jawaban data-data yang diperoleh kemudian dikumpulkan untuk dianalisis dan diambil kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa 1) Tujuan kegiatan MGMP PAI adalah sebagai media untuk membina dan meningkatkan profesionalisme melalui diskusi, mengevaluasi, mengembangkan pengalaman dan pengetahuan, dan memperoleh informasi teknis edukatif; 2) Program MGMP PAI yaitu berupa program jangka pendek dan jangka panjang; 3) Proses peningkatan kompetensi melalui perencanaan, pelaksanan dan evaluasi. Pelaksanan dan evaluasi dengan memfokuskan program pada kegiatan peningkatan pedagogik dan profesional. Sedangkan kompetensi kepribadian, spiritual, dan kepemimpinan dilakukan terintegrasi dengan semua kegiatan. 4) Faktor pendukung dari kegiatan MGMP PAI yaitu bersifat motivasi guru, bimbingan dari pengawas, motivasi dari kepala sekolah, dan teman sejawat. Kendala dalam kegiatan MGMP PAI yaitu ketidakhadiran guru, penyesuaian waktu, dan koordinasi; dan 5) Dampak dari kegiatan MGMP PAI adalah kualitas pembelajaran meningkat, guru PAI memiliki tentang persiapan mengajar, mampu menerapkan teknik dan metode dalam pembelajaran, guru selalu berpenampilan rapi, dan berperilaku sesuai dengan norma yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru; Musyawarah |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Adah Aliyah |
Date Deposited: | 16 Nov 2018 07:47 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 06:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16738 |
Actions (login required)
View Item |