Model kaderisasi anggota partai politik Islam dalam membentuk pemimpin Islami: penelitian pada Dewan Pengurus Wilayah PKS Jawa barat

Al Faruqy, M Saiful Haq (2018) Model kaderisasi anggota partai politik Islam dalam membentuk pemimpin Islami: penelitian pada Dewan Pengurus Wilayah PKS Jawa barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Menjadi penting dan vital peran sebuah kaderisasi pada sebuah lembaga organisasi baik organisasi laba maupun nirlaba. Kaderisasi erat kaitannya dengan bagaimana sebuah organisai berjalan kedepannya, dengan sumber daya manusia yang baik tentu akan sangat mempengaruhi kesuksesan tujuan sebuah organisasi. Kaderisasi adalah sebuah keniscayaan mutlak yang harus dimiliki setiap badan organisasi bibit yang harus tumbuh dan dirawat sehingga menghasilkan tunas-tunas yang dapat membangun kerja dan berkelanjutan sesuai cita organisasi. Partai poltik Islam seperti Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memiliki landasan ideologi Islam sebagai arah dan tujuan dalam berpolitik. Tentu ideologi ini menjadi karakter partai yang mana kader harus memiliki sikap dan semangat berlandaskan politik Islam agar terbentuknya calon pemimpin Islami di masyarakat. banyak partai yang akan mendekati individu-individu yang memiliki ekonomi kuat sedangkan konsep kepemimipinan yang ia tawarkan lemah dan cendrung memanipulasi partai dan masyarakat. Akademik melihat ini sebagai gejala sosial yang berkembang ditengah dunia perpolitikan di masyarakat, perlu nalar yang kritis dan siap mengawal setiap partai poiltik dalam bersikap menentukan arah model kaderisasi anggota mereka yang nantinya menjadi pemimipin baik internal dan lebih luas lagi di masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model kaderisasi DPW PKS Jawa Barat dalam membentuk pemimpin Islami sesuai ideologi partai. Landasaan teori yang digunakan menurut Burhanuddin Muhtadi (2016: 18) mengenai model kaderisasi yang berjenjang (marhalah), berupa, pembelajaran (ta’lim), kemampuan berorganisasi (tanzhim), internaalisasi ajaran Islam (taqwin). Metode yang dilakukan penelitian ini ialah deskrptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data berupa, observasi, wawancara terstruktur, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model kaderisi dalam menciptakan pemimpin Islami melalui tahapan-tahapan pembinaan kader yang marhalah. Yaitu, Pertama, ta’lim proses pembelajaran yang mana bertujuan para kader diberikan kurikulum kaderisiasi partai. Kedua, Tandzhim yang mana setelah pembelajaran diharapkan para kader dapat mengasah dan mengimplementasikan hasil kurikulum kaderisasi. Ketiga, taqwin para kader harus dapat menginternalisasi ajaran Islam dalam partai maupun kehidupan berbangsa dan bernegara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kaderisasi; Partai poltik; Pemimpin
Subjects: Political dan Government Science
Political dan Government Science > Organization and Management of Political Science
Political dan Government Science > Political Ideologies in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: M Saiful Haq Al Faruqy
Date Deposited: 19 Nov 2018 07:30
Last Modified: 19 Nov 2018 07:30
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16754

Actions (login required)

View Item View Item