Peran film ayat-ayat cinta 2 terhadap perilaku etika Islam pada remaja: studi analisis di SMP Plus Al-Ghifari Kota Bandung

Wahyuda, Muhammad (2018) Peran film ayat-ayat cinta 2 terhadap perilaku etika Islam pada remaja: studi analisis di SMP Plus Al-Ghifari Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover[1].pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrack[1].pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi[2].pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1[1].pdf

Download (716kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2[2].pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy

Abstract

Media masa pada era globalisasi ini sangat berkembang pesat di dunia terutama di Indonesia. Sayangnya semakin berkembang, semakin banyak nilai-nilai amoral serta budaya negatif di dalamnya yang dapat mempengaruhi masyarakat Indonesia, terutama kaum remaja. Hal ini menyebabkan berubahnya prilaku remaja dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Untuk tetap mempertahankan prilaku remaja yang baik secara muslim, maka banyak film yang mengambil tema Islam dan menayangkan nilai-nilai etika Islam untuk menarik perhatian masyarakat Indonesia. Banyak nilai positif yang di dapat dari film-film bertema Islam di Indonesia, Salah satunya prilaku etika dalam Islam yang ditayangkan dari Film Ayat-Ayat Cinta 2 besutan MD Pictures karya Guntur Soeharjo. SMP Plus Al-Ghifari kota Bandung mengadakan tour ke CGV Metro Indah Mall Bandung membawa siswa-siswi kelas 2 untuk menonton film Ayat-Ayat Cinta 2. Dengan menoton film Ayat-Ayat Cinta 2, siswa siswi di giring memahami alur cerita dan mengambil nilai prilaku etika Islam di dalamnya. Prilaku etika Islam tersebut di aplikasikan melalui informasi dan pengajaran di sekolah pada saat belajar. Perubahan signifikan di lihat dari penyebaran angket mengenai film Ayat-Ayat Cinta 2 dan prilaku etika Islam di dalam tayangannya. Data tersebut diambil dari pehitungan sampel menurut Suharsimi Arikunto yang menyatakan bahwa jika jumlah subjek lebih dari 100, dapat diambil 10%-15% sampel subjek. Dari jumlah murid kelas 2 SMP Plus Al-Ghifari sebanyak 200 orang, dengan perhitungan (10 x 200): 100 = 20. Berdasarkan perhitugan tersebut maka jumlah sampel yang diambil sebanyak 20 murid. Hasil penelitian bahwa siswa-siswi SMP Plus Al-Ghifari dapat mengambil pelajaran yang terkandung dalam film Ayat-ayat cinta 2 sebesar 100% dari keseluruhan sampel, dan 90% atau 18 murid dari 20 murid menyatakan bahwa film Ayat-ayat cinta 2 sangat pantas di tonton oleh kaum remaja, sedangkan murid yang mengetahui bahwa ada nilai etika Islam yang terkandung di dalam film Ayat-ayat cinta 2 sebanyak 16 murid atau sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Massa; Ayat-ayat Cinta 2; Etika Islam; Remaja;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Islam > Islamic Ethics, Practice
Islam > Specific Moral Issues
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Muhammad Wahyuda
Date Deposited: 12 Dec 2018 04:33
Last Modified: 12 Dec 2018 04:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16756

Actions (login required)

View Item View Item