Luthfianti, Ghina Auliya (2018) Penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan aspek kognitif peserta didik pada materi fluida statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang pesat, termasuk pada bidang pendidikan. Salah satu dampaknya, yaitu adanya pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kelayakan multimedia interaktif pada materi fluida statis 2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan multimedia interaktif pada materi fluida statis di kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Waled 3) peningkatan aspek kognitif peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Waled pada materi fluida statis setelah menggunakan multimedia interaktif. Metode penelitian ini yaitu pre eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 28 orang peserta didik. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: 1) kelayakan multimedia interaktif diperoleh dari kesesuaian multimedia interaktif yang digunakan dengan 11 karakteristik multimedia interaktif menurut teori serta dari hasil validasi materi dan media oleh tiga orang validator dengan nilai masing-masing 4,1 dan 4,2 termasuk ke dalam kategori baik 2) keterlaksanaan penggunaan multimedia interaktif diperoleh berdasarkan hasil analisis rata-rata persentase aktivitas guru dan peserta didik secara berturut-turut yaitu 80% dan 76% termasuk ke dalam kategori baik serta dari hasil pengisian LKPD pada setiap pertemuan rata-rata diperoleh nilai LKPD dengan kategori baik dan sangat baik dan 3) peningkatan aspek kognitif diperoleh dari hasil analisis N-gain sebesar 0,60 dengan interpretasi sedang dan berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat peningkatan aspek kognitif yang signifikan setelah peserta didik menggunakan multimedia interaktif pada materi fluida statis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif; Aspek Kognitif; Fluida Statis; |
Subjects: | Use of Other Information Media Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ghina Auliya Luthfianti |
Date Deposited: | 19 Nov 2018 08:44 |
Last Modified: | 19 Nov 2018 08:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16767 |
Actions (login required)
View Item |