Analisis komparatif reaksi pasar modal sebelum dan sesudah pengumuman kebijakan tax amnesty periode III tahun 2017: Event study pada emiten yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode Desember 2016 - Mei 2017

Fadly, Anas (2018) Analisis komparatif reaksi pasar modal sebelum dan sesudah pengumuman kebijakan tax amnesty periode III tahun 2017: Event study pada emiten yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode Desember 2016 - Mei 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis ada atau tidaknya reaksi pasar modal Indonesia terhadap peristiwa pengumuman kebijakan Tax Amnesty periode III tahun 2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa harga saham harian, volume perdagangan saham harian, dan jumlah saham yang beredar selama periode penelitian. Periode peristiwa penelitian ini adalah 11 hari perdagangan yang terdiri dari 5 hari sebelum (t-5),saat (t-0), dan 5 hari sesudah (t+5) peristiwa pengumuman terjadi. Penelitian menggunakan metode deskriptif dan verifikatif melalui pendekatan kuantitatif dengan cara membandingkan indikator variabel penelitian baik sebelum dan sesudah peristiwa pengumuman itu terjadi. Indikator variabel penelitian yang digunakan yakni rata – rata abnormal return dan trading volume activity. Perhitungan expected return dalam penelitian ini menggunakan market model method. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan populasi yakni saham – saham emiten yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode Desember 2016 – Mei 2017 dan menghasilkan 28 saham emiten yang dijadikan sebagai sampel. Alat analisis data yang digunakan pada masing – masing variabel adalah uji normalitas dan uji – t signifikansi (paired sample t-test). Hasil analisis uji–t signifikansi menggunakan paired sample t-test menunjukkan bahwa perolehan nilai p-value 0,197 > 0,05 signifikansi dan thitung 1,324 < 2,048 t-tabel untuk rata – rata abnormal return dan nilai p-value 0,444 > 0,05 signifikansi dan t-hitung 0,777 < 2,048 t-tabel untuk rata – rata trading volume activity yang berarti tidak terdapat perbedaan rata – rata abnormal return dan trading volume activity yang signifikan sebelum dan sesudah pengumuman terjadi. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa pengumuman kebijakan Tax Amnesty periode III tahun 2017 tidak memiliki kandungan informasi yang relevan sehingga pasar modal tidak bereaksi atau bereaksi secara lambat dan dapat dikatakan bahwa pasar modal tidak efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: studi peristiwa; abnormal return; trading volume activity; kebijakan tax amnesty
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Anas Fadly Farilhakim
Date Deposited: 21 Jan 2019 02:42
Last Modified: 21 Jan 2019 02:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16798

Actions (login required)

View Item View Item