Penerapan model praktikum higher order thinking laboratory (HOT-Lab) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi

Tsania, Lutfiani Sita (2018) Penerapan model praktikum higher order thinking laboratory (HOT-Lab) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis peserta didik merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam menghadapi perkembangan teknologi pada abad 21, dimana setiap peserta didik dituntut untuk dapat berpikir kritis sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menerapkan model praktikum HOT-Lab pada materi gelombang bunyi. Model praktikum HOT-Lab merupakan model praktikum berbasis keterampilan tingkat tinggi yang memiliki tiga tahapan kegiatan diantaranya pra-lab, lab, dan pasca lab. Aspek keterampilan berpikir kritis yang diteliti, yaitu menjelaskan (explain), analisis (analyze), sintesis (synthesize), evaluasi (evaluate), inferensi (inference), dan interpretasi (interpret). Sub materi gelombang bunyi yang dibahas yaitu cepat rambat bunyi di udara, azas Doppler, dan Hukum Melde. Metode penelitan yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental tipe one group-pretest posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Kawali dan sampel dipilih dengan teknik purposive sampling adalah kelas XI IPA 4 sebanyak 30 peserta didik. Keterlaksanaan pembelajaran diperoleh dari lembar observasi sedangkan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik diperoleh dari nilai N-gain pretest dan posttest peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan keterlakasanaan aktivitas guru dan peserta didik berdasarkan lembar observasi diperoleh persentase rata-rata 88% dan 83% termasuk kategori sangat baik. Skor rata-rata lembar kegiatan peserta didik diperoleh 75% termasuk kategori baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik berdasarkan Index-Ngain diperoleh N-gain rata-rata sebesar 0,8 termasuk pada kategori tinggi. Dengan demikian, terdapat pengaruh penerapan model praktikum HOT-Lab terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan model praktikum HOT-Lab dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan keterampilan abad 21 peserta didik pada materi lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: HOT-Lab; keterampilan berpikir kritis; gelombang bunyi;
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Lutfiani Sita Tsania
Date Deposited: 21 Nov 2018 06:04
Last Modified: 21 Nov 2018 06:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16834

Actions (login required)

View Item View Item