Penggunaan media pembelajaran permainan Monopoli untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang: Penelitian Pre experimental di Kelas VIII C MTs. Al-Ianah Karawang

Fatimah, Titin (2013) Penggunaan media pembelajaran permainan Monopoli untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang: Penelitian Pre experimental di Kelas VIII C MTs. Al-Ianah Karawang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penggunaan media permainan monopoli pada materi getaran dan gelombang dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang setelah menggunakan media permainan monopoli. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre eksperimental dengan desain one group pretest posttest. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII C MTs. Al-Ianah Karawang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media permainan monopoli dan tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata keterlaksanaan 93,65%, dan aktivitas guru dengan rata-rata keterlaksanaan 95,23%, kategori sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah digunakannya media permainan monopoli sesuai dengan hasil uji hipotesis Zhitung(5,85) > Ztabel(1,64). Besarnya peningkatan keterampilan berpikir kritis ditunjukkan oleh indeks normal gain sebesar 0,24 termasuk kategori rendah. Dengan demikian media permainan monopoli pada materi getaran dan gelombang dapat dijadikan sebagai alternatif media yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Permainan Monopoli; Keterampilan Berpikir Kritis; Getaran; Gelombang
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Sound and Related Vibrations > Vibrations Related to Sound
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 234 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:02
Last Modified: 08 Jul 2019 07:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1685

Actions (login required)

View Item View Item