Nurrahmah, Nurrahmah (2018) Meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa anak melalui penggunaan media flashcard. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (405kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (934kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan penelitian bahwa permasalahan yang terjadi di kelas B2 RA Al-Muhajir yaitu dalam penguasaan perbendaharaan kata yang dimiliki anak masih kurang. Hal ini terlihat ketika salah satu anak diminta untuk menyebutkan beberapa kata dengan huruf awal yang sama dan anak-anak hanya bisa menyebutkan kurang dari lima kata dan dalam menyampaikan kosakata guru masih menggunakan teknik meniru secara lisan tanpa di kenalkan tulisan kata tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi awal penguasaaan kosakata bahasa anak, proses pelaksanaan media flashcard, dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penguasaan kosakata bahasa anak kelompok B2 di RA Al-Muhajir panyileukan Bandung dengan menggunakan media flashcard. Pemikiran yang didasari kegiatan penelitian ini yaitu bahwa penguasaan kosakata merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai penguasaan bahasa, semakin banyak kosakata yang dimiliki seseorang maka semakin banyak pula ide dan gagasan yang dikuasai seseorang. Pembelajaran kosakata akan berkembang apabila media pembelajaran menarik. Media flashcard adalah salah satu bentuk media edukatif berupa kartu yang memuat gambar dan kata yang ukurannya bisa disesuaikan dengan siswa yang dihadapi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode lembar observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian menggunakan daftar chek list, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan penguasaan kosakata bahasa anak dengan menggunakan media flashcard. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi sebelum tindakan dan setelah dilakukan tindakan.Sebelum tindakan diperoleh presentase kemampuan anak menyebut kata benda yang memiliki skor 1 atau kriteria belum berkembang (BB) yaitu 58,33%, dan 33,33% dalam kategori mulai berkembang (MB), dan 8,33% dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan nilai rata-rata 30,42 dengan kategori mulai berkembang (MB), dan pada siklus 1 mencapai nilai rata-rata 57,39 dengankatergori berkembang sesuai harapan (BSH), dan lebih meningkat hingga pada siklus II menjadi 77,62 dengan kategori berkembang sangat baik (BSB). Berdasarkan data tersebut anak mengalami peningkatan dari pra siklus, ke siklus I dan ke siklus II. Adapun aktivitas Guru pada siklus I mencapai 90% dan pada siklus II mencapai 97%. Berdasarkan data tersebut bahwa anktivitas guru meningkat setiap siklusnya. Begitu pun dengan aktivitas siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya. Aktivtas siswa pada siklus I mencapai 83,33% dan pada siklus II mencapai 96,65%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kosakata; anak usia dini; flashcard |
Subjects: | Education > Statistic of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | nurrahmah mw |
Date Deposited: | 22 Nov 2018 06:14 |
Last Modified: | 22 Nov 2018 06:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16891 |
Actions (login required)
View Item |