Firdaus, Haris (2018) Pembelajaran literasi informasi berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (369kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum pendidikan Indonesia mengemukakan bahwa pendidikan dirancang agar mencetak paradigma pendidikan yang sesuai dengan kemajuan abad 21. Dalam pembelajaran abad 21 keterampilan informasi menjadi penting. Hal ini digunakan dalam menyelesaikan masalah atau dikenal dengan istilah “problem solving and decision making skill”. Pada kenyataannya literasi informasi peserta didik di sekolah masih rendah, yang mengakibatkan hasil belajar fisikanya menjadi rendah. Menurut penelitian terdahulu ada pengaruh yang linear antara literasi informasi dengan hasil belajar. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan informasi dan hasil belajar peserta didik yaitu dengan menerapkan pembelajaran literasi informasi berbasis proyek. Pembelajaran literasi informasi berbasis proyek termasuk yang mengadopsi pembelajaran abad 21. Pembelajaran literasi informasi berbasis proyek merupakan pembelajaran yang memadukan pembelajaran literasi informasi dengan pembuatan proyek. Pembelajaran ini mengacu pada pendekatan kontruktivisme, dimana guru menyajikan persoalan dan mendorong (encourage) peserta didik untuk mengidentifikasi, mengeksplorasi, berhipotesis, berkojektur, menggeneralisasi dan inkuiri dengan cara mereka sendiri untuk menyelesaikan persoalan yang disajikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-exsperimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan di kelas X SMA Darul Fatwa Kabupaten Sumedang yang berjumlah dua kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu purvosive sampling dimana sampel yang diambil adalah kelas X-B sebanyak 30 peserta didik. Data keterlaksanaan guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data peningkatan hasil belajar peserta didik melalui soal pilihan ganda beralasan. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan aktivitas guru dan peserta didik selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan pembelajaran literasi informasi berbasis proyek mengalami peningkatan pada tiap pertemuannya dengan rata-rata seluruh pertemuan aktivitas guru dan peserta didik adalah 79 % yang termasuk pada kategori baik. Selain itu terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,7 berkategori sedang. Hasil penelitian dibuktikan dari nilai uji hipotesis dengan taraf kesalahan 5% diperoleh data yang menunjukan bahwa thitung (48) > ttabel (0,6796) yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan pembelajaran literasi informasi berbasis proyek
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Literasi Informasi; Proyek; Hasil Belajar; Fluida Statis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Physics > Data Processing and Analysis of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Haris Firdaus |
Date Deposited: | 22 Nov 2018 06:10 |
Last Modified: | 22 Nov 2018 06:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16896 |
Actions (login required)
View Item |