Tanggapan siswa terhadap penggunaan gadget sebagai media pembelajaran hubungannya dengan konsentrasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam: penelitian pada siswa kelas VIII SMP Al-Islam Kota Bandung

Farida, Peni (2015) Tanggapan siswa terhadap penggunaan gadget sebagai media pembelajaran hubungannya dengan konsentrasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam: penelitian pada siswa kelas VIII SMP Al-Islam Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (809kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di kelas VIII SMP Al-Islam Kota Bandung diperoleh informasi dari Guru Pendidikan Agama Islam bahwa konsentrasi belajar siswa masih cenderung tidak terfokus. Hal ini terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung masih ditemukan siswa yang acuh, tidak memperhatikan saat guru menerangkan, siswa mengobrol dengan temannya. Hal ini diduga karena media pembelajaran yang digunakan cenderung monoton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan gadget sebagai media pembelajaran; konsentrasi belajar siswa; serta hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan gadget sebagai media pembelajaran dengan konsentrasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa penggunaan gadget sebagai sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa semakin baik. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan gadget sebagai media pembelajaran dengan konsentrasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Data dianalisis dengan menggunakan dua pendekatan yaitu teknik deskriptif dan korelasi menggunakan Product Moment. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa realitas tanggapan siswa terhadap terhadap penggunaan gadget sebagai media pembelajaran termasuk kategori tinggi, hal ini berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 3,91 yang berada pada interval 3,40 - 4,19. Realitas konsentrasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam termasuk kategori tinggi, hal ini berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 3,89 yang berada pada interval 3,40-4,19. Dari hasil perhitungan, korelasi antara variabel X dengan variabel Y termasuk kategori hubungan kurang berarti, sebab diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,40 yang berada pada interval 0,21-0,40. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan Product Moment. Diperoleh t_hitung 2,70 > t_tabel 1,69 dengan taraf signifikan 5%, maka hubungan variabel X dengan variabel Y signifikan, artinya hipotesis (Ha) diterima yaitu terdapat hubungan. Adapun kadar pengaruhnya sebesar 9%, yang berarti bahwa konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap penggunaan gadget sebagai media pembelajaran. Dan 91% lagi pengaruh dari faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gadget; Pendidikan Agama Islam; Media;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 28 Nov 2018 02:14
Last Modified: 28 Nov 2018 02:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16908

Actions (login required)

View Item View Item