Hubungan antara konsep diri dengan perilaku sosial anak usia dini: penelitian korelasional pada anak kelas B RA Daarut Taubah Kota Bandung

Amelia, Ria (2018) Hubungan antara konsep diri dengan perilaku sosial anak usia dini: penelitian korelasional pada anak kelas B RA Daarut Taubah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Dunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan sikap anak di kelas B RA Daarut Taubah. Perilaku yang ditunjukkan anak sangat beragam, mulai dari anak yang pemalu sampai anak yang pemberani, anak yang suka menolong dan anak yang tidak peka dengan sekitarnya, dan masih banyak lagi. Penelitian ini dilaksanakan di RA Daarut Taubah Kota Bandung pada anak kelas B.yang berjumlah 15 orang anak. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui konsep diri anak kelas B RA Daarut Taubah, (2) untuk mengetahui perilaku sosial anak kelas B RA Daarut Taubah, (3) Untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan perilaku sosial pada anak kelas B RA Daarut Taubah. Konsep diri merupakan gambaran individu tentang sejauh mana ia menilai dirinya sebagai orang yang memiliki kemampuan, keberartian, berharga, dan kompeten. Konsep diri merupakan persepsi yang dimunculkan melalui pengalaman pribadi yan dialami seseorang. Konsep diri perlu dikembangkan secara optimal karna akan berpengaruh pada perilaku sosial anak. Perilaku sosial merpakan suatu sikap, tindakan atau respon seseorang terhadap orang lain dan kejadaan di sekitarnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang mana datanya berupa angka-angka. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penilaian dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dianalisis secara deskriptif dengan analisis parsial dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan konsep diri dan perilaku siswa rata-rata berada pada kategori sedang dengan nilai 2,91 dan 3,02 berada pada interval 2,603,39. Hasil penelitian juga menunjukkah bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan perilaku sosial anak usia dini di kelas B RA Daarut Taubah Kota Bandung, namun hubungan tersebut sangat rendah dengan harga korelasi 0,31 yang berada pada interval 0,200-0,399. Kontribusi yang diberikan konsep diri terhadap perilaku sosial yaitu hanya sebesar 5% dan sisanya 95% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini adalah konsep diri memberikan pengaruh terhadap perilaku sosial anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: anak usia dini; konsep diri; perilaku sosial;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ria Amelia
Date Deposited: 23 Nov 2018 07:26
Last Modified: 23 Nov 2018 07:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16910

Actions (login required)

View Item View Item