Komalasari, Yayang (2018) Pengembangan kecerdasan interpersonal anak melalui metode proyek: penelitian tindakan kelas di kelas A di RA Ash-Shiddiq Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Dunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berkembangnya kecerdasan interpersonal anak dalam kemampuan bersosialisasi, berkomunikasi serta belum berkembangnya rasa simpati, empati anak terhadap temannya dan kurang terjalinnya kerjasama anak dalam suatu pekerjaan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kecerdasan interpersonal anak kelas A di RA Ash-shiddiq sebelum menggunakan metode proyek; (2) Proses penerapan metode proyek untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak kelas A di RA Ash-Shiddiq setiap siklus; dan (3) Kecerdasan interpersonal anak kelas A di RA Ash-Shiddiq setelah menggunakan metode proyek setiap siklus. Dalam pembelajaran pada jenjang pendidikan pra sekolah, banyak sekali metode yang bisa dipakai untuk mengeksplorasi perkembangan siswa, salah satunya adalah metode proyek. Metode proyek merupakan metode pembelajaran yang dilakukan anak untuk melakukan pengalaman tentang satu topik, pembelajaran yang diminati satu atau beberapa anak.Sementara itu kecerdasan interpersonal menurut Howard Gardner adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam hal bersosialisasi, dilihat dari bagaimana seeorang individu mampu menjalin relasi dengan orang lain,mampu menjalin interaksi serta mampu memiliki rasa simpati dan empati terhadap makhluk sosial. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan M.C Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, bahwa kecerdasan interpersonal anak di RA Ash-Shiddiq sebelum menggunakan metode proyek adalah sebesar 42 berada pada tahap belum terlihat (BT). Sementara itu proses penerapan metode proyek untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak di kelas A RA Ash-Shiddiq dilihat dari aktivitas guru pada siklus I tindakan I 75%, siklus I Tindakan II83%, siklus II tindakan I 83% dan siklus II tindakan II 92%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I tindakan I 70%, siklus I tindakan II 80%, siklus II tindakan I 80% dan siklus II tindakan II mencapai 100%. Adapun kecerdasan interepersonal anak setelah menggunakan metode proyek pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I tindakan I diperoleh nilai rata-rata sebesar 61 berada pada tahap mulai terlihat (MT) dan pada tindakan II sebesar 75 berada pada tahap mulai berkembang (MB) sedangkan siklus II tindakan I sebesar 76 berada pada tahap mulai berkembang (MB) dan tindakan II sebesar 82 berada pada tahap mulai berkembang (MB). Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. Artinya metode proyek dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan anak; kecerdasan interpersonal; metode proyek; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | yayang komalasari yayang |
Date Deposited: | 23 Nov 2018 07:20 |
Last Modified: | 23 Nov 2018 07:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16911 |
Actions (login required)
View Item |