Raidah, Sarah Nur (2018) Efektivitas penerapan model pembelajaran outbond hubungannya dengan perkembangan sosial anak usia dini. Diploma thesis, UIN Sunan Dunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
01 Cover. pdf.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK SARAH.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06 DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
10 BAB I fix.pdf Download (376kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
11 BAB II fix.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
12 BAB III fix.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
13 BAB IV fix.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
14 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh belum berkembangnya aspek sosial anak berdasarkan hasil pengamatan dengan indikator yang di antaranya ada anak yang enggan berinteraksi secara verbal terhadap anak lain termasuk ibu gurunya, ia hanya mau berkomunikasi dan menyampaikan apa yang diinginkan kepada ibu nya, sementara anak lain enggan meminjamkan mainan yang dibawa nya, tidak mau mengikuti setiap intruksi ibu guru dan bersikap acuh terhadap teman lain yang menangis karena ibu nya tidak membekali makan siang. Fenomena-fenomena tersebut difokuskan pada satu aspek yang menjadi objek penelitian yakni perkembangan sosial anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Outbound di RA Generasi Rabbani Kec. Ciamis Kab. Ciamis, (2) Perkembangan Sosial Anak usia dini di RA Generasi Rabbani Kec. Ciamis Kab. Ciamis, (3) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Outbound Hubungannya dengan Perkembangan Sosial Anak usia dini di RA Generasi Rabbani Kec. Ciamis Kab. Ciamis. Penelitian ini bertolak dari asumsi teoritik yang menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Outbound berkaitan dengan perkembangan sosial anak usia dini. Berdasarkan hal itu, hipotesisnya adalah terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Outbound dengan perkembangan sosial anak usia dini pada kelompok A di RA Generasi Rabbani. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan yaitu sebagai berikut: 1) jenis data, 2) sumber data, 3) metode dan teknik pengumpulan data, 4) teknik analisis data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan bercakap-cakap. Penyebaran lembar observasi kepada 15 orang peserta didik yaitu kelompok A RA Generasi Rabbani Kec. Ciamis Kab. Ciamis. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini melalui dua pendekatan, yaitu secara parsial dan korelasi. Dari hasil penelitian data yang diperoleh bahwa Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Outbound yaitu 3,32 berkategori tinggi, artinya ada kesesuaian dari langkah-langkah Model Pembelajaran Outbound yang guru terapkan. Demikian juga perkembangan sosial anak usia dini yaitu 4,04 berkategori tinggi, artinya ada kesesuaian dengan indikator perkembangan sosial yang telah ditetapkan. Adapun realitas hubungan kedua variabel tersebut adalah rendah, dengan harga koefesien sebesar 0,17. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y mencapai 2,89% (Dalam skala korelasi 0,00 – 0,19 yang termasuk kategori sangat rendah), maka diduga masih ada sekitar 97,11% faktor lain yang mempengaruhi Perkembangan Sosial Anak Usia Dini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan RA; Pembelajaran outbond; |
Subjects: | Social Groups Social Groups > Social Classes |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | sarah nur raidah |
Date Deposited: | 23 Nov 2018 03:53 |
Last Modified: | 23 Nov 2018 03:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16917 |
Actions (login required)
View Item |