Nurlani, Rini (2018) Pengaruh pembelajaran discovery-inquiry pada materi laju reaksi untuk mengembangkan keterampilan proses sains siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (146kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
Abstract
Ketercapaian tujuan pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan yaitu discovery-inquiry (DI). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa pada pembelajaran DI pada materi laju reaksi, menganalisis keterampilan proses sains (KPS) siswa pada saat pembelajaran DI pada materi laju reaksi, dan menganalisis KPS siswa setelah pembelajaran DI. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one-shot case study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 MA YAPISA Bandung. Instrument penelitian yang digunakan terdiri dari deskripsi pembelajaran, lembar kerja siswa (LKS), lembar observasi, dan soal tes KPS. Data yang diperoleh diolah secara statistik deskriptif, dan diperoleh hasil bahwa aktivitas siswa dengan menggunakan pembelajaran DI ini dapat dilaksanakan sesuai tahapan-tahapannya dengan persentase keterlaksanaannya memiliki nilai sebesar 69% dengan kategori cukup. KPS siswa pada saat pembelajaran DI memperoleh nilai rata-rata sebesar 79 dengan kategori baik. Sedangkan hasil tes KPS siswa setelah menggunakan pembelajaran DI untuk setiap kelompok prestasi memiliki nilai rata-rata sebesar 65 dengan kategori cukup. Hal ini berarti keterampilan proses sains siswa setelah pembelajaran menggunakan pembelajaran DI menampilkan hasil yang cukup baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran; discovery-inquiry; laju reaksi; keterampilan proses sains; |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | rini nurlani |
Date Deposited: | 23 Nov 2018 07:10 |
Last Modified: | 23 Nov 2018 07:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16919 |
Actions (login required)
View Item |