Pengaruh pembelajaran discovery-inquiry pada materi laju reaksi untuk mengembangkan keterampilan proses sains siswa

Nurlani, Rini (2018) Pengaruh pembelajaran discovery-inquiry pada materi laju reaksi untuk mengembangkan keterampilan proses sains siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy

Abstract

Ketercapaian tujuan pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan yaitu discovery-inquiry (DI). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa pada pembelajaran DI pada materi laju reaksi, menganalisis keterampilan proses sains (KPS) siswa pada saat pembelajaran DI pada materi laju reaksi, dan menganalisis KPS siswa setelah pembelajaran DI. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one-shot case study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 MA YAPISA Bandung. Instrument penelitian yang digunakan terdiri dari deskripsi pembelajaran, lembar kerja siswa (LKS), lembar observasi, dan soal tes KPS. Data yang diperoleh diolah secara statistik deskriptif, dan diperoleh hasil bahwa aktivitas siswa dengan menggunakan pembelajaran DI ini dapat dilaksanakan sesuai tahapan-tahapannya dengan persentase keterlaksanaannya memiliki nilai sebesar 69% dengan kategori cukup. KPS siswa pada saat pembelajaran DI memperoleh nilai rata-rata sebesar 79 dengan kategori baik. Sedangkan hasil tes KPS siswa setelah menggunakan pembelajaran DI untuk setiap kelompok prestasi memiliki nilai rata-rata sebesar 65 dengan kategori cukup. Hal ini berarti keterampilan proses sains siswa setelah pembelajaran menggunakan pembelajaran DI menampilkan hasil yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; discovery-inquiry; laju reaksi; keterampilan proses sains;
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: rini nurlani
Date Deposited: 23 Nov 2018 07:10
Last Modified: 23 Nov 2018 07:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16919

Actions (login required)

View Item View Item