Violita, Shifa Syafira (2018) Pengembangan media pembelajaran kendatemois pada materi kesetimbangan benda tegar dan momen inersia: Penelitian pengembangan di MA YPP Sukamiskin Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (532kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (982kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
Abstract
Ketersediaan fasilitas dan sumber belajar merupakan salah satu kunci sukses penerapan kurikulum 2013. Guru harus mampu membuat sendiri media pembelajaran agar dapat digunakan sebagai sumber belajar konkret di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah RnD dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Produk penelitian ini yaitu alat peraga kesetimbangan benda tegar dan momen inersia (Kendatemois). Data hasil penelitian diperoleh dari : 1. Analisis studi pendahuluan di MA YPP Sukamiskin yaitu tidak terdapat laboratorium IPA sehingga peserta didik belum pernah melakukan praktikum; 2. Studi literatur diperoleh dari penelitian pengembangan Zulirfan; 3. Analisis uji laboratorium menyatakan bahwa alat peraga Kendatemois telah layak dan berhasil membuktikan konsep dengan rata-rata kesalahan relatif tidak melebihi error 100% meskipun tidak mendekati nol; 4. Analisis uji validasi dari dua validator dengan rata-rata skor 86,30% dan 81,56% menyatakan kelayakan dengan kriteria layak tanpa revisi; 5. Uji skala kecil dengan jumlah sampel 20 peserta didik didapatkan nilai rata-rata LKPD sebesar 85 pada percobaan kesetimbangan benda tegar dan 77,25 pada percobaan momen inersia; dan 6. Angket respon peserta didik didapatkan rata-rata sebesar 90,7 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, Kendatemois layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran pada konsep kesetimbangan benda tegar dan momen inersia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Peraga; Kendatemois; Kesetimbangan Benda Tegar; Momen Inersia; Research and Development (R&D); |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Shifa Syafira Violita |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 07:29 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 03:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16932 |
Actions (login required)
View Item |