Peran koperasi wanita “Binangkit” dalam memberdayakan ekonomi wanita: studi deskriptif di Koperasi Wanita “Binangkit” Kelurahan Tegalmunjul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta

Nurul, Viska (2018) Peran koperasi wanita “Binangkit” dalam memberdayakan ekonomi wanita: studi deskriptif di Koperasi Wanita “Binangkit” Kelurahan Tegalmunjul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. Diploma thesis, UIN sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan merupakan permasalahan yang berkepanjangan di Indonesia khusunya di Kabupten Purwakarta. Salah satu cara mengatasi kemiskinan adalah dengan cara menjadikan masyarakat menjadi masyarakat yang berdaya, artinya menjadi masyarakat yang produktif yang mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu faktor kemiskinan yang terjadi di Purwakarta adalah banyaknya seorang ibu rumah tangga yang bergantung terhadap suami, padahal seorang suami saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga, sehingga seorang ibu dituntut untuk ikut mendukung penghasilan keluarga. Maka dari itu, pemberdayaan ekonomi wanita ini dapat dilakukan melalui kegiatan koperasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui segala kegiatan atau program yang diadakan terkait pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh Koperasi Wanita “Binangkit” serta upaya pemberdayaan yang dilakukan Koperasi Wanita “Binangkit” untuk membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan kemiskinan yang ada di Kabupaten Purwakarta. Serta untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh Koperasi Wanita “Binangkit” dalam memberdayakan ekonomi anggotanya. Pemberdayaan wanita dapat ditinjau melalui beberapa aspek, diantaranya: pengetahuan, pengalaman, sikap, keterampilan, modal usaha, networking, semangat dan ketekunan, kerja keras dan aspek lainnya. Koperasi sebagai lembaga pembantu perekonomian rakyat dapat memberikan sumbangannya bagi keberhasilan pembangunan dalam konteks memperbaiki atau meningkatkan produktivitas, memperluas kesempatan-kesempatan kerja dan memberikan pemerataan yang lebih besar dalam pembagian pendapatan penduduk serta dapat membantu memenuhi aspek-aspek pemberdayaan pada wanita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian secara deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan, meringkaskan berbagai kondisi, berbagai situasi atau berbagai fenomena realitas sosial yang ada di masyarakat yang menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta documenter. Hasil dari penelitian ini yaitu jika dilihat dari dampak koperasi pada masyarakat setempat khusunya para anggota koperasi adanya perubahan dalam tingkat perekonomiannya, meningkatkan taraf kesejahteraan social serta meningkatnya kualitas sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan; Pemberdayaan wanita; dan Koperasi;
Subjects: Islam > Islam and Economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Viska Nurul
Date Deposited: 26 Nov 2018 04:43
Last Modified: 26 Nov 2018 04:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16953

Actions (login required)

View Item View Item