Model pembelajaran taḥfiẓ Al-Qur’ān di kalangan peserta didik sekolah dasar: Studi komparatif di MI Asih Putera dan SDIT Nur Al-Rahman Cimahi Propinsi Jawa Barat

Hidayat, Nur (2018) Model pembelajaran taḥfiẓ Al-Qur’ān di kalangan peserta didik sekolah dasar: Studi komparatif di MI Asih Putera dan SDIT Nur Al-Rahman Cimahi Propinsi Jawa Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (891kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena keunikan para penghafal al-Qur’ān cilik, khususnya di kalangan peserta didik sekolah dasar. Seperti yang terjadi di MI Asih Putera dan SDIT Nur Al-Rahman Cimahi, yang menerapkan strategi dan metode waḥdah dan simā’i, serta teknik muraja’ah yang dipakai sama dalam pembelajaran taḥfiẓ al-Qur’ān, namun hasil akhir pencapaian hafalan al-Qur’ān antara peserta didik di tingkat MI dan SDIT outputnya sangat berbeda. Hal inilah yang membuat kegelisahan peneliti secara akademik untuk meneliti lebih lanjut tentang pembelajaran taḥfiẓ al-Qur’ān. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui gambaran tentang realitas: (1) program pembelajaran taḥfiẓ al-Qur’ān di MI Asih Putera dan SDIT Nur Al-Rahman Cimahi, (2) pelaksanaan pembelajaran taḥfiẓ al-Qur’ān di MI Asih Putera dan SDIT Nur Al-Rahman Cimahi, (3) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran taḥfiẓ al-Qur’ān di MI Asih Putera dengan SDIT Nur Al-Rahman Cimahi, (4) tingkat keberhasilan pembelajaran taḥfiẓ al-Qur’ān di MI Asih Putera dan SDIT Nur Al-Rahman Cimahi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis yang melibatkan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Guru PAI, Koordinator guru Taḥfīẓ al-Qur’ān, Guru Kelas, dan peserta didik yang berperan sebagai partisipan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi dokumentasi, observasi, wawancara dan studi pustaka (hasil penelitian terdahulu yang relevan). Dari hasil analisis penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) program pembelajaran taḥfiẓ al-Qur’ān di MI Asih Putera dilaksanakan dengan tahapan program matrikulasi taḥfiẓ, ḥalaqah taḥfiẓ, setoran taḥfiẓ, dan munaqasyah taḥfiẓ. Sedangkan SDIT Nur Al-Rahman program pembelajaran yang dipilih berupa muraja’ah, ziyādah, dan ḥaflah taḥfiẓ. (2) Pelaksanaan pembelajaran taḥfiẓ al-Qur’ān di MI Asih Putera dilaksanakan dengan sistem pelevelan I-XII dan dilaksanakan tiga kali sepekan, Selasa Rabu, Kamis dengan durasi waktu 60 menit. Sementara di SDIT Nur Al-Rahman, pelaksanaan pembelajaran taḥfiẓ al-Qur’ān dilakukan lima kali dalam sepekan, senin sampai jumat, dengan durasi waktu 70 menit. (3) Faktor pendukung pembelajaran taḥfiẓ al-Qur’ān di MI Asih Putera: program taḥfiẓ masuk ke dalam rencana strategi madrasah, keajegan sistem dan metode taḥfiẓ, sistem munaqasyah taḥfiẓ yang ketat. Sedangkan faktor penghambat: kemampuan peserta didik yang tidak merata. Faktor pendukung pembelajaran taḥfiẓ al-Qur’ān di SDIT Nur Al-Rahman: sistem program pembelajaran sederhana, simple, proporsional, berkualitas, alokasi waktu yang cukup dan maksimal. Faktor penghambat: sistem pembelajaran tidak terprogram dengan maksimal, kurangnya kesadaran dan perhatian orang tua,, dan tidak sistem munaqasyah yang ketat. (4) ) Tingkat keberhasilan pembelajaran taḥfiẓ al-Qur’ān di MI Asih Putera untuk kategori juz 30 sebanyak 87 orang dari jumlah peserta didik yang mencapai 562 orang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tahfidz Al-Quran; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 26 Nov 2018 08:38
Last Modified: 12 Jan 2022 08:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16971

Actions (login required)

View Item View Item