Penerapan Al-'uqud al-murakkabah pada produk kartu kredit Syariah di BNI Syariah Kantor Cabang Buah Batu Bandung dalam perspektif hukum ekonomi syariah

Risyda, Sabila (2018) Penerapan Al-'uqud al-murakkabah pada produk kartu kredit Syariah di BNI Syariah Kantor Cabang Buah Batu Bandung dalam perspektif hukum ekonomi syariah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy

Abstract

Multiakad didefinisikan sebagai kesepakatan dua pihak untuk melaksanakan suatu muamalah yang meliputi dua akad atau lebih, sehingga timbul akibat hukum dari akad - akad gabungan itu, serta semua hak dan kewajiban yang ditimbulkannya, dianggap satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan, yang sama kedudukannya dengan akibat hukum dari satu akad namun terdapat hadist nabi yang melarang multi akad. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mekanisme al-’uqud al-murakkabah pada produk di BNI Syariah Kantor Cabang Buah Batu Bandung serta tinjauan hukum ekonomi syariah tentang al-‘uqud al-murakkabah pada produk kartu kredit syariah di BNI Syariah Kantor Cabang Buah Batu Bandung. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa al-’uqud al-murakkabah dapat dilaksanakan pada zaman ini dan tidak bertolak belakang pada hadist nabi. Serta untuk menjawab mengenai prosedur dalam membuat kartu kredit syariah di BNI Syariah Kantor Cabang Buah Batu Bandung serta mengetahui bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap al-‘uqud al-murakkabah dalam produk kartu kredit syariah di BNI Syariah Kantor Cabang Buah Batu Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif. Dengan sumber data primer diambil dari lokasi penelitian yaitu di BNI Syariah Kantor Cabang Buah Batu Bandung, pihak nasabah dan regulasi-regulasi multi akad. Sedangkan sumber data sekunder yakni sumber data yang diambil dari buku-buku serta sumber lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti, dengan demikian dapat dijadikan landasan atau sumber data pelengkap dan penguat, kemudian data tersebut dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan Pertama, mekanisme al-’uqud al-murakkabah diantaranya menyiapkan persyaratan diantaranya KTP/Paspor, No telepon, Daftar gaji dan nomor telepon orang terdekat. Kemudian mengajukan permohonan ke bank, mengisi aplikasi dan membayar sesuai perintah dan aturan. Kemudian akad-akad dalam aplikasi Hasanah Card sudah sesuai dengan hukum Islam, sesuai rukun dan syaratnya akad. Kedua, pelaksanaan akad dalam Hasanah Card telah sesuai dengan hukum Islam. Karena, prosedur yang diberikan oleh pihak BNI Syariah dalam akad Hasanah Card telah memenuhi rukun dan syarat terjadinya akad dalam Islam dan sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional No: 54/DSN-MUI/X/2006. Namun dalam pelaksanaannya ada ketidakadilan pada nasabah dan mengesankan bank syariah menjalankan prinsip “time velue of money”, yang menyerupai (tasabuh) dengan riba al-nasi’ah karena waktu diberikan nilai harga secara tersendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Al-'uqud al-murakkabah; Kartu Kredit Syariah; Ijarah; Qardh; Kafalah;
Subjects: Econmics
Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: sabila risyda
Date Deposited: 03 Dec 2018 07:10
Last Modified: 03 Dec 2018 07:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17006

Actions (login required)

View Item View Item