Pengaruh sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung

Nayoan, Sandi (2018) Pengaruh sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (604kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy

Abstract

Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah memiliki hubungan dengan istem pengendalian intern namun dalam laporan keuangan Kota Bandung yang memiliki opini Wajar Dengan Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menunjukkan bahwa kualitas laporan keuangan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dilihat dari tahun 2014-2016 entitas LKPD Kota Bandung masih mendapatkan opini dari BPK Wajar Dengan Pengecualian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sistem Pengendalian Intern terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mahmudi (2016:20) terkait dimensi Sistem Pengendalian Intern dalam variabel indevenden (X) diantaranya meliputi lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, dan pemantauan. Untuk Kualitas Laporam Keuangan dalam variabel dependen (Y) peneliti menggunakan dimensi dari Mahmudi (2016:11) yang terdiri dari relevan, andal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami. Metode peneliti yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan data kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi dan angket kepada 86 responden guna mendapatkan data sekunder dan informasi yang dibutuhkan. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dengan uji t. Berdasarkan persamaan regresi linier sederhana dapat dianalisis yaitu konstanta sebesar 10,667 artinya jika sistem pengendalian nilainya adalah 0, maka kualitas laporan keuangan (Y) sebesar 10,667%. Koefisien regresi variabel sistem pengendalian intern sebesar 0,583 artinya jika sistem pengendalian intern mengalami kenaikan sebesar 1%, maka kualitas laporan keuangan (Y) akan mengalami kenaikan sebesar 0,583%. Disimpulkan bahwa koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan yang positif antar sistem pengendalian intern dengan kualitas laporan keuangan. Berdasarkan tabel koefisien determinasi diperoleh angka R^2 sebesar 0,621 atau (62,1%). Hal ini menunjukan bahwa persentase sumbangan pengaruh sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan sebesar 62,1%, sedangkan sisa sebesar 37,9% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain, dari nilai koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh yang tinggi dari pengaruh sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan pengolahan data uji t, diperoleh t_hitung sebesar 11,735. Tabel distribusi t dicari α = 5% dengan derajat keabsahan df (n-2) / (86-2) = 84, maka diperoleh untuk t_tabel sebesar 1,9886. Oleh karena itu t_hitung > t_tabel (11,735 > 1,9886), artinya bahwa sistem pengendalian intern berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pada Badan Pengelolaan keuangan dan Aset Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Intern; Kualitas Laporan Keuangan; Pengaruh;
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: sandi nayoan
Date Deposited: 29 Nov 2018 03:49
Last Modified: 29 Nov 2018 03:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17037

Actions (login required)

View Item View Item