Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Perluasan Pangsa Pasar Produk Dana Talangan Haji Di Bank Syariah Mandiri KCP Ujungberung dan KCP Rancaekek Bandung.

Nurrachmi., Intan (2014) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Perluasan Pangsa Pasar Produk Dana Talangan Haji Di Bank Syariah Mandiri KCP Ujungberung dan KCP Rancaekek Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img]
Preview
Text
9_daftar pustaka.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fasilitas pembiayaan dana talangan haji adalah produk yang booming karena diminati nasabah, namun dalam hal ini terdapat perbedaan ketercapaian target antara Bank Syariah Mandiri (BSM) KCP Ujungberung yang kurang berhasil dalam meningkatkan produk talangan haji sedangkan KCP Rancaekek sangat unggul dalam satu konsilidasi Kantor Cabang Ahmad Yani Bandung. Hal inilah yang menarik bagi peneliti untuk melakukan penelitian ini, kendala perbedaan tersebut diantaranya faktor kualitas pelayanan dan promosi. Fenomena tersebut menimbulkan permasalahan yang harus diteliti, yakni bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap perluasan pangsa pasar produk dana talangan haji Di Bank Syariah Mandiri KCP Ujungberung dan KCP Rancaekek Bandung secara parsial dan simultan. Penelitian ini bertujuan secara akademis untuk memberikan sumbangan dalam kajian ilmu ekonomi Islam dalam LKS khususnya kualitas pelayanan dan promosi terhadap perluasan pangsa pasar dan secara praktis diharapkan mampu memberikan masukan kepada seluruh staf karyawan BSM KCP Ujungberung mengenai kualitas pelayanan dan promosi terhadap perluasan pangsa pasar produk dana talangan haji yang telah berhasil dilaksanakan oleh BSM KCP Rancaekek. Dasar pemikiran penelitian ini bertolak dari pemikiran keterkaitan antara kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh terhadap perluasan pasar produk dana talangan haji. Maka hipotesis yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan promosi diduga berpengaruh signifikan terhadap perluasan pangsa pasar produk dana talangan haji secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yaitu dengan metode penelitian yang luas, namun hanya aspek-aspek tertentu saja yang akan dibahas. Sampel yang digunakan adalah 10% dari total populasi nasabah dana talangan haji tahun 2013 sebanyak 871 nasabah menjadi 87 nasabah melalui quota sampling. Teknik pengunpulan data melalui wawancara, kuesioner, studi dokumen, dan studi kepustakaan. Adapun alat analisis dalam perhitungan ini menggunkan program SPSS release 16,00. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang positif dan signifikan dari kualitas pelayanan terhadap perluasan pangsa pasar dengan korelasi yang kuat sebesar 0,730 dan memiliki R Square sebesar 53,3% juga melalui Uji t, dimana t hitung sebesar 8,245 (> t tabel), maka H_0 ditolak dan H_i diterima. Selanjutnya adanya pengaruh yang positif dan signifikan dari promosi terhadap perluasan pangsa pasar sebesar 30,3% dengan korelasi yang sedang/ cukup sebesar 0,550 dan memiliki R Square sebesar 30,3% juga melalui Uji t, dimana t hitung sebesar 4,219 (> t tabel), maka H_(0 )ditolak dan H_i diterima. Kemudian adanya pengaruh yang positif dan signifikan dari kualitas pelayanan dan promosi secara bersamaan (simultan) terhadap perluasan pangsa pasar dengan korelasi yang kuat sebesar 0,784 dan memiliki Adjust R Square sebesar 60,6 % juga melalui Uji F, di mana F hitung sebesar 67,023 (> F tabel), maka〖 H〗_(0 ) ditolak dan H_i diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Bank syariah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 28 Nov 2018 07:19
Last Modified: 28 Nov 2018 07:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17043

Actions (login required)

View Item View Item