Al Afgani, Jamaludin (2018) Pemberdayaan remaja melalui Program Akademi Berdaya: studi deskriptif di Yayasan Berdaya Kreatif Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf Download (494kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
Abstract
Pemberdayaan remaja melalui program akademi berdaya merupakan salah satu kegiatan di Yayasan Berdaya Kreatif dengan basis pemberdayaan dibidang pendidikan dan praktik, menekankan pendidikan pada remaja yatim dhuafa, yang kemudian dibina dan dilatih untuk bisa berakhlaq baik, berketerampilan dan mandiri dalam berbagai hal untuk menjadi manusia yang unggul dan bermanfaat serta mampu bersaing di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode dalam pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan objek nya yakni remaja, serta proses dan program yang bermanfaat bagi pemberdayaan remaja yang dilakukan oleh Yayasan Berdaya Kreatif melalui program akademi berdaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan atau pengembangan Sanders yang menyebutkan pemberdayaan sebagai proses, metode, program dan gerakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis data kualitatif yang menggambarka dan menjelaskan fakta-fakta di lapangan, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian diperoleh bahwa pertama, proses pemberdayaan remaja yang dilakukan oleh Yayasan Berdaya Kreatif melalui program akademi berdaya dengan mengajak masyarakat untuk menjadi relawan dan kakak asuh kemudian mencari dan memberikan pemahaman tentang teori yang relevan dengan keingin remaja, yang sasarannya adalah remaja yatim dhuafa. Kedua, metode pemberdayaan pendidikan dan praktik yang sesuai dengan kurikulum berakhlaq, berketerampilan dan kemandirian, serta program yang mendukung seperti akademi berdaya Ramadhan, akademi berdaya keterampilan dan akademi berdaya pesantren internet marketing. Dan ketiga, gerakan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas lembaga dengan memberi pelatihan pada relawan dan kakak asuh serta pengurus untuk ingat tentang memberdayakan dan ikhlas dalam memberdayakan, sehingga bisa mewujudkan keinginan untuk ikut mengadakan pemberdayaan di lingkungan sendiri serta membuat kerjasama yang mendorong keberhasilan kegiatan pemberdayaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan Remaja |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty Communities > Community Sociology Education > Miscellany of Education |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Jamaludin Jamaludin Al Afgani |
Date Deposited: | 29 Nov 2018 03:50 |
Last Modified: | 29 Nov 2018 03:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17051 |
Actions (login required)
View Item |